Koran Jakarta | September 22 2018
No Comments

Harga Cabai-Bawang Turun

Harga Cabai-Bawang Turun

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim pemerintah berhasil menurunkan secara signifikan harga cabai dan bawang pada Agustus lalu yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

“Harga aneka cabai dan bawang di pasar induk dan pasar ritel Jakarta cenderung turun dengan persentasi signifikan pada Agustus dibandingkan Juli karena pasokan yang meningkat,” kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementan, Yasid Taufik di Jakarta, Rabu (12/9).

Komoditas tersebut antara lain adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan cabai rawit hijau.

Yasid memaparkan berdasarkan data dari Info Pangan Jakarta, harga bawang merah rata-rata di Pasar Induk Kramat Jati (PIKJ) pada Agustus 2018 turun 17,2 persen jika dibandingkan dengan Juli 2018 karena pasokan bawang merah naik sebesar 22,2 persen.

Dia menjelaskan sebaran harga bawang di pasar ritel berkisar antara 20-40 ribu rupiah dengan kecenderungan harga bawang merah turun dua persen sampai 19 persen. Kecenderungan harga bawang putih pada Agustus lalu di beberapa pasar ritel wilayah Jakarta Barat, Utara, dan Timur turun 1,4 persen hingga 12,6 persen. 

 

Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment