Koran Jakarta | April 20 2019
No Comments

Hal yang Jangan Dilakukan Anak Baru

Hal yang Jangan Dilakukan Anak Baru
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya baru diterima bekerja di sebuah perusahaan swasta. Apa yang harus saya perhatikan agar dapat diterima dengan baik di lingkungan kerja yang baru?

Jawaban:

Anak baru punya etikanya sendiri. Salah melangkah bisa-bisa Anda dimusuhi oleh satu kantor. Ya, mau bagaimana lagi terkadang lingkungan kantor dan persaingan kerja tak ubah­nya dengan hutan rimba.

Jika ingin selamat di hari pertama bekerja dan di tahun-tahun selanjutnya, Anda perlu mencermati aturan yang wajib dilakukan anak baru di minggu-minggu pertama ber­gabung di perusahaan.

Jangan Unjuk Kemam­puan

Jangan terlalu bersema­ngat menunjukkan kemam­puan Anda kepada rekan kerja yang lain. Ini hanya akan mengesankan Anda sebagai orang yang sombong dan senang membanggakan diri. Sebagai anak baru Anda diminta untuk lebih tahu diri dan menghormati senioritas.

Menyapa Lebih Dulu

Sependiamnya Anda dan sejuteknya wajah orang-orang di kantor Anda harus lebih ra­mah menyapa mereka. Bukan lingkungan kantor yang ber­adaptasi dengan Anda tetapi Andalah yang harus meren­dahkan hati dan beradaptasi dengan mereka.

Jangan Menolak Tugas

Jangan berani menolak tugas di hari pertama Anda bekerja. Bisa jadi itu bu­kan tugas Anda dan bukan job description Anda tetapi mau bagaimanapun tetaplah kerjakan jika itu diminta untuk dilakukan. Menolak kerja di hari-hari pertama hanya akan membuat Anda dianggap tidak mau bekerja.

Jangan Pulang Cepat

Pulang teng go sangat ti­dak disarankan di hari-hari pertama bekerja. Kesan yang ditunjukkan adalah Anda tidak betah di kantor dan ingin se­gera pulang. Sebaiknya Anda lebih perhatian kepada ling­kungan kerja, teman-teman dan atasan. Pelajari dulu pola kerja dan ritme kerja di kantor supaya Anda bisa menempat­kan diri Anda dengan baik.

Jangan Banyak Mengeluh

Terlalu banyak mengeluh hanya akan membuat Anda sebagai pribadi yang lemah dan tidak bisa kerja. Bukan berarti Anda tidak boleh me­ngeluh tetapi simpan keluhan Anda di awal-awal bekerja. Atau curhatlah dengan te­man, jangan curhat dengan rekan kantor yang bisa saja bersegera menilai Anda seba­gai orang yang lemah.

Jangan Minta Naik Gaji

Baru enam bulan bekerja Anda minta kenaikan gaji? Wajar saja ditolak! Masih untung Anda tidak mendapat kata-kata kasar dari atasan yang bisa saja kesal karena permintaan Anda yang ter­lalu dini. Apalagi kalau Anda dibilang masih beradapta­si dengan lingkungan kerja tersebut.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment