Koran Jakarta | July 17 2019
No Comments
VARIA

Gunakan Teknologi Informasi untuk Layanan Birokrasi

Gunakan Teknologi Informasi untuk Layanan Birokrasi

Foto : ISTIMEWA
Plt Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Tiga isu utama akan menjadi pembahasan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Kope­rasi dan UKM pada 2–4 Mei 2019 di Bangka Belitung. Dalam Rakornas ini akan menyusunan rencana strategis RPJMN 2020–2024, peningkatan teknologi informasi untuk layanan birokrasi dan pembangunan kompetensi sumber daya ma­nusia.

“Tiga topik tersebut menjadi agenda utama dalam Rakor­nas juga melakukan koordinasi dan sinergi terhadap kegiat­an atau program yang telah dilakukan selama ini,” kata Plt Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, di Jakarta, Kamis (25/4).

Rully menjelaskan tema revolusi industri 4.0 yang se­dang berkembang saat ini di mana teknologi informsi men­jadi titik penting, harus dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan birokrasi kepada masyarakat. Melalui teknologi, layanan kepada masyarakat lebih cepat, efisien, murah, dan sederhana.

Ia menegaskan jika layanan birokrasi makin mudah, ce­pat, dan efisien akan menciptakan kemudahan berusaha, kegiatan usaha makin besar dan dampaknya penghasilan masyarakat meningkat yang ujungnya juga penerimaan pa­jak akan naik.

“Kalau bisa dilakukan online mulai dari pelayanan, per­izinan dan lain sebagainya. Dengan demikian, ke depan ti­dak perlu lagi pusat diklat, kalau bisa distance learning. Kita harap dinamika revolusi industri 4.0 terakomodasi bersama di pusat dan daerah,” kata Rully. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment