Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Ginting Ditarget Semifinal di BWF World Tour Finals

Ginting Ditarget Semifinal di BWF World Tour Finals

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Sepekan jelang BWF World Tour Finals, Anthony Sinisuka Ginting terus menggeber persiapan untuk meningkatkan ketahanan fisik dan power.

JAKARTA – Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting ditargetkan dapat mencapai babak semifi­nal dalam gelaran BWF World Tour Finals 2018 yang akan digelar di Guangzhou, Tiong­kok pada 12 hingga 16 Desem­ber mendatang.

“Target kami tentu saja se­mua atlet dapat bermain dengan sebaik mungkin dengan prestasi terbaik. Kami ber­harap bisa masuk semifinal,” kata pelatih tunggal putra In­donesia, Hendry Saputra saat dihubungi di Jakarta, Selasa (4/12) kemarin.

Sampai saat ini, kata Hen­dry, Ginting masih terus melakukan latihan intensif sebagai persiapan untuk menghadapi lawan-lawannya dalam tur­namen penutup world tour tersebut. “Rencananya, kami akan berangkat ke Tiongkok pada Minggu (9/12). Sekarang, Ginting masih terus latihan se­kaligus mempersiapkan fisik dan stamina, sehingga bisa tampil maksimal saat pertandingan,” ujar Hendry.

Hendry menerangkan ketidakhadiran sejumlah pe­main top dunia, seperti Lin Dan (China), Viktor Axelsen (Denmark), dan Chen Long (Tiongkok), tidak akan ber­pengaruh terhadap peluang Ginting untuk memenangkan turnamen tersebut.

“Meskipun mereka (Lin Dan, Axelsen dan Chen Long) tidak ada, tetap tidak ada pengaruhnya bagi Ginting. Sama saja. Yang penting kita harus tetap optimistis kalau kita bisa tampil secara maksimal,” tutur Hendry.

Lebih lanjut, pelatih pelat­nas itu mengaku tidak dapat memastikan atau memrediksi seperti apa penampilan Ginting saat membela Merah Putih dalam turnamen yang diselenggarakan di Guang­zhou, China itu nanti.

“Seperti apa permainan Ginting, atau apakah penampilannya akan sama seperti ketika di Asian Games 2018, itu tidak bisa dipastikan. Seka­rang yang penting adalah per­siapannya, latihannya diper­banyak,” ujar Hendry.

Hingga saat ini Ginting terus digeber untuk mening­katkan ketahanan dan power. “Persiapan sampai hari ini oke. Anthony masih fokus un­tuk ketahanan dan kekuatan­nya,” kata Hendry.

Dua hal itu menjadi faktor penting bagi atlet rangking ketujuh dunia tersebut. Karena, lawan-lawan yang dihadapi merupakan pebulutangkis 10 besar rangking dunia. Di antaranya, Kento Momota. Satu-satunya yang rangkingnya jauh di bawah Anthony yaitu pemain Thailand, Kantaphon Whangcaroen (17). Dari per­temuan sebelumnya, Anthony juga unggul atas Kantaphon.

Tapi, Anthony tetap harus waspada sebab dia kandas di pertemuan terakhir, pada Prancis Terbuka 2018. Un­dian BWF World Tour Finals dijadwalkan berlangsung 10 Desember.

“Persaingannya sangat ketat. Ya ini menjadi tantangan untuk Anthony untuk bisa jauh lebih. Tapi kami optimistis demi Indonesia,” kata Hendry.

Geber Persiapan

Sementara itu, ganda putra Hendra Setiawan/Moham­mad Ahsan juga menggeber persiapan menuju BWF World Tour Finals dengan mematok target lolos minimal semifinal. Hendra/Ahsan mengamankan tiket BWF World Tour Finals di Guangzhou, 12-16 Desember 2018 bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Kevin/Marcus ko­koh di peringkat satu dengan mengoleksi 108.400 poin, sementara Ahsan/Hendra di peringkat 5 dengan poin 67.900.

Usai dari Hong Kong Ter­buka, Hendra telah menjalani latihan kembali di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur. Dia fokus mengembalikan kon­disi setelah tampil dalam dua ajang beruntun.

“Setelah kembali dari Hong Kong jadi fokus mengembali­kan kondisi. Buat saya penting untuk meningkatkan tenaga. Selain itu, defence-nya juga, jadi pertahanannya harus le­bih rapat lagi,” kata Hendra.

Bersama Ahsan, Hendra menjalani BWF Tour Finals terakhir kali pada 2015 dan mereka meraih juara. Sejatinya mereka ingin mengulang prestasi yang sama. Namun mereka menyadari lawan-lawan yang dihadapi adalah pemain muda dan berpotensi. Termasuk potensi menghada­pi kompatriot Kevin/Marcus.

“Kalau Finals tahun ini kami inginnya yang terbaik saja. Ing­innya sih juara. Soalnya sudah lama juga tidak juara final su­per series,” ujar dia. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment