Generasi “Hatchback” Kian Canggih | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Generasi “Hatchback” Kian Canggih

Generasi “Hatchback” Kian Canggih

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kendaraan hatchback yang ringkas menawarkan kemudahan dalam bermanufer, efisiensi bahan bakar, Qdan harga yang bersaing.

Yang menarik dari Tokyo Motor Show 2019 adalah hadirnya dua mobil hatchback generasi terbaru yaitu Honda Jazz dan Toyota Yaris. Semua tahu, keduanya cukup digemari konsumen tanah air, bersaing dengan competitor di bawahnya seperti Daihatsu Sirion, Suzuki Baleno, dan juga Mazda 2.

Pada iven dua tahunan itu Honda Jazz yang di Jepang bernama Honda Fit tampil dengan lima varian, yaitu Fit Home, Fit Crosstar, Fit Luxe, Fit Ness, Fit Basic. Mobil generasi keempat dari Jazz dikabarkan mengusung mesin 1,5 liter dengan teknologi hibrida, meski Honda sendiri belum membuka spesifikasi secara lengkap kepada publik.

Namun demikian tidak semua varian Jazz menggunakan teknologi hibrida. Kemungkinan Honda juga akan menyematkan mesin turbo dengan kapasitas mecin hanya 1,0 liter yang namun menghasilkan tenaga sebesar 125PS, sebagai tawaran efisiensi bahan bakar tanpa mengurangi performa.

“Berdasarkan pengalaman saya mengendarai mobil ini, dengan performa berkendara serta kualitas terbaik, saya merasa percaya diri terhadap All New Fit,” kata Honda Motor Co Ltd President, Representative Director and CEO Takahiro Hachigo.

Untuk kebutuhan konsumen yang beragam, Honda disebut tetap mempertahankan mesin 1.2-liter 1.2-liter i-VTEC dan mesin 1.5-liter 1.5-liter i-DTEC untuk modelspesifikasi India. Bahkan untuk pasar tertentu Honda juga mengembangkan mesin diesel dengan transmisi CVT.

Jazz yang hadir di Tokyo Motor Show dilengkapi dengan interior premium namun minimalis. Mobil untuk pasar tahun 2020 juga menambahkan fiturfitur premium seperti teknologi mobil yang terhubung, panggilan digital, rem parkir listrik dengan penahan otomatis dan sistem infotainment layar sentuh yang lebih besar.

Fitur-fitur lain adalah Android Auto dan Apple CarPlay, kontrol iklim, kontrol jelajah (cruise control), tampilan multiinfo serta entri tanpa kunci dengan tombol start. Fitur keamanan termasuk ABS dengan EBD, sensor parkir dengan kamera tampak belakang, program stabilitas elektronik (electronic stability program) dan Honda SENSING.

Lebih Lincah

Sementara, Toyota Yaris tampil dengan perbedaan sangat mencolok ketimbang yang ada saat ini. Hatchback ini terlah menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture), yang dipakai pada Camry, Avalon sedan, Corolla Altis, Prius hybrid, dan RAV4. Platform ini membuat bobot mobil berkurang hingga 50 kg.

Dengan berat yang berkurang dan performa sasis pun kini lebih rigid hingga 30 persen dibanding model yang sudah-sudah. Posturnya Yaris juga kini menjadi lebih pendek 5 mm, lebih rendah 40 mm, sedangkan jarak sumbu roda memanjang 50 mm. Disebutkan, dengan perubahan pada dimensi tadi menjadikan Yaris terbaru menjadi lebih lincah, dan dari sisi penanganan (handling) juga menjadi lebih mudah.

Yaris menggunakan mesin 1,5-liter terbaru, dengan tiga silinder Dynamic Force Engine Toyota. Mesin ini ditawarkan sebagai opsi mandiri, namun konsumen juga bisa mendapatkan pilihan mesin hibrida dengan motor listrik, dengan sistem penggerak empat roda E-Four baru dari Toyota.

Dari sisi transmisi miobil yang dibuat untuk pasar Jepang dan Eropa ini menggunakan Direct Shift-CVT Toyota yang baru dikembangkan. Transmisi variabel berkelanjutan ini diklaim cukup hemat bahan bakar dengan akselerasi yang lebih responsif. Namun demikian Yaris juga ditawarkan dalam transmisi Super CVT-I, dan transmisi manual 6 percepatan.

Dari sisi keamanan Yaris menggunakan Toyota Safety Sense. Selain itu, terdapat head-up display (HUD) dan fitur Turn Tilt Seat yang cukup menarik. Fitur ini memungkinkan kursi depan untuk berputar ke arah pintu dan membuat posisinya sedikit menunduk. Tujuannya untuk memudahkan akses keluarmasuk bagi penumpang difabel. hay/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment