Koran Jakarta | April 20 2019
No Comments

Gempa Kuat Guncang Kaledonia Baru

Gempa Kuat Guncang Kaledonia Baru

Foto : AFP/Madaree TOHLALA
A   A   A   Pengaturan Font

NOUMEA – Gempa dengan kekuatan 7,5 skala Richter diwartakan telah mengguncang Kaledonia Baru pada Rabu (5/12). Gempa kuat itu memicu dinyalakannya peringatan tsunami dan perintah evakuasi di kawasan Pasifik selatan, namun hingga berita ini ditulis, taak ada laporan kerusakan serius maupun korban luka.

“Gempa yang diikuti 20 kali gempa susulan itu berpusat sekitar 170 kilometer di tenggara Pulau Loyalty dengan kedalaman sekitar 10 kilometer,” demikian pernyataan otoritas berwenang di Kaledonia Baru.

Negara Kaledonia Baru yang memiliki populasi 269 ribu orang, berada di jalur cincin api Pasifik, tempat terjadinya tumbukan lempeng tektonik dan rangkaian gunung api aktif.

Setelah guncangan gempa, tsunami tercatat terjadi di pusat gempa sehingga warga setempat yang menerima pesan peringatan pun segera berlarian ke dataran tinggi. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tadinya memperkirakan gelombang tsunami bisa mencapai ketinggian 3 meter, namun berdasarkan monitor milik lembaga itu mencatat bahwa gelombang tsunami hanya mencapai 72 sentimeter saja.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment