Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
VARIA

Galeri Sejarah Hadir di Surakarta

Galeri Sejarah Hadir di Surakarta

Foto : ISTIMEWA
Pendiri Galeri Sejarah Surakarta, Krisnina Maharani Ak­bar Tandjung.
A   A   A   Pengaturan Font

SOLO - Kota Surakarta akan memiliki galeri sejarah yang cukup lengkap dan sangat informatif. Galeri Sejarah Sura­karta itu menempati lokasi di Rumah Budaya Kratonan , di Jalan Kratonan, Serengan, Surakarta. Dirjen Kebudayaan Dr. Hilmat Farid akan meresmikan Galeri Sejarah Surakarta ini pada Sabtu (13/10) dan akan dihadiri juga oleh Wali Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo.

Pendiri Galeri Sejarah Surakarta, Krisnina Maharani Ak­bar Tandjung mengatakan hal itu, di Solo, Rabu (11/10). Ketua umum Yayasan Warna Warni yang akrab disapa Nina Akbar ini mengatakan, Galeri Sejarah Surakarta ini didiri­kan dengan semangat menumbuhkan rasa peduli untuk mengenal jati diri kota yang menjadi salah satu penanda kemajuan bangsa Indonesia.

Lebih lanjut Nina Akbar Tandjung mengatakan, Galeri Sejarah Surakarta terbagi atas Ruang Pendopo yang berisi papan instalasi petualangan sejarah dunia, sejarah na­sional dan kaitan perjuangan warga Surakarta. lalu ada Ndalem untuk mengenal sejarah Surakarta. Juga ada Ruang Ruang Senthong atau Ruang Cermin yang menggambarkan perjuanga Multatuli mendobrak kolonialisme. Dan terakhir Ruang Merah atau Ruang Gadri yang menceritakan masa Politik Etis, Perjuangan Pergerakan Nasional, dan perjaun­gan Mangkunagaran VIII dan Pakubuwono XII dan lanjut sejarah revolusi Surakarta. sur/E-3

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment