Koran Jakarta | July 24 2017
No Comments

Froome Pertahankan “Yellow Jersey”

Froome Pertahankan “Yellow Jersey”

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

LE-PUY-EN-VELAY - Chris Froome se­lamat dari percobaan kudeta oleh pebalap tim AG2R-La Mondiale, Romain Bardet, pada etape ke-15 Tour de France (TdF), Minggu (16/7) waktu setempat. Froome mempertahankan posisinya sebagai pe­makai kaus kuning (yellow jersey) selaku pimpinan klasemen umum pebalap.

Pebalap Belanda, Bauke Mollema, yang sebelumnya tiga kali finis 10 besar di TdF tahun ini, berhasil memis­ahkan diri untuk menjadi pemenang pada etape sejauh 189,5 km dari Laissac-Severac L’Eglise.

Juara bertahan TdF, Froome, pertama kali tertinggal dan tertahan oleh tim Pran­cis AG2R-La Mondiale. Pemimpin lomba itu mengalami masalah mekanis sesaat sebelum tanjakan utama pada etape ke-15 tersebut. Tapi pebalap tim Sky itu tetap tenang untuk kembali ke rombongan ter­depan hingga tak tergoyahkan dari posisi puncak klasemen. Froome unggul 18 detik di depan pebalap Italia Fabio Aru. “Ini ada­lah saat yang menegangkan, saya pikir saya mungkin tidak bisa kembali ke depan,” ujar Froome, yang mempertahankan kaus kun­ing jelang istirahat balapan, Senin (17/7).

“Saya bersyukur saya selamat hari ini. Besok adalah hari istirahat sehingga saya akan mendapatkan sedikit energi dan mu­dah-mudahan segar untuk pekan ketiga,” sambungnya.

Bardet, yang mendapat dukungan dari penonton di wilayah asalnya, Massif Cen­tral, sementara Froome dicemooh pada satu titik, tetap berada di urutan ketiga, ter­paut 23 detik. Pebalap Kolombia Rigoberto Uran berada di posisi keempat dengan enam detik lebih lambat.

Sepekan setelah Aru menyalip saat Froome mengalami masalah mekanis, pe­balap Inggris itu kembali bermasalah de­ngan sepedanya ketika balapan berlang­sung. Tapi tidak ada satupun pesaing utama yang ber­hasil men­gunggu­linya.

Tim AG2R-La Mon­diale be­rakselerasi tiba-tiba di depan peloton dengan jarak tersisa 45 km. Froome dan bebe­rapa rekan timnya terjebak di ujung yang salah dari perpecahan rom­bongan pebalap tersebut.

Roda belakang Froome pecah dan dia dibantu oleh rekan set­imnya Michal Kwiatkowski. ben/Rtr/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment