Koran Jakarta | August 21 2019
No Comments

Filipina Protes Kapal Nelayan Tiongkok di LTS

Filipina Protes Kapal Nelayan Tiongkok di LTS

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA – Pemerintah Filipina mengecam aksi tak ber­tanggung jawab kapal nelayan Tiongkok yang meninggal­kan nelayan Filipina saat terjadi tabrakan kapal di perairan sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS). Dalam insiden itu, kapal nelayan Tiongkok menabrak kapal nelayan Filipina yang sedang berlabuh dekat Pulau Reed Bank di LTS.

“Kapal Tiongkok menghantam kapal nelayan Filipina pa­da Minggu (9/6) lalu dan meninggalkan 22 awak kapal ne­layan kami terombang-ambing di lautan,” kata Menteri Per­tahanan Filipina, Delfin Lorenzana, Rabu (12/6).

Dalam pernyataannya, Menhan Lorenzana, mengatakan negaranya akan melakukan investigasi dalam kasus ini dan akan ada pernyataan diplomatik agar kejadian ini tak ter­ulang kembali.

Sementara itu seluruh awak nelayan kapal Filipina se­lamat setelah ditolong kapal nelayan asal Vietnam yang te­ngah berlayar tak jauh dari lokasi tabrakan kapal. Kawas­an perairan di sekitar Pulau Reed Bank, saat ini diklaim kepemilikannya oleh Filipina, Tiongkok, dan Vietnam. AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment