Esemka Pakai Komponen Lokal | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments

Esemka Pakai Komponen Lokal

Esemka Pakai Komponen Lokal

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong agar mobil Esemka semaksimal mungkin menggunakan kandungan lokal (TKDN). Apalagi perusa­haan komponen otomotif di Indonesia mencapai ribuan perusahaan, sehinggga perlu dibangun kemitraan antara produsen dengan pemasok komponen supaya terintegras­inya hulu hingga hilir.

Direktur Jenderal Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Harjanto mengatakan, mobil Esemka yang merupakan brand lokal harus memper­banyak komponen lokalnya. “Low Cost Green Car (LCGC) yang brand sebagiannya brand luas saja kandung lokalnya tinggi, apalagi Esemka yang adalah brand lokal,”ungkapnya dalam “Seminar Membangun Komponen Industri” di Ja­karta, Selasa (13/8).

Dia menuturkan, pengembangan produktivitas dan daya saing industri otomotif harus sejalan dengan pengem­bangan industri komponen mengingat produk industri alat-alat kendaraan bermotor semakin berkembang. Hanya saja diakuinya pula jika komponen lokal tidak mungkin sampai 100 persen, tetapi diminta bisa di atas 70 persen.

Menurut Harjanto, hal tersebut merupakan bagian dari rantai pasok bagi Original Equipment Manufacturer (OEM) maupun layanan purna jual industri otomotif. Ini memiliki pangsa pasar luas, serta berpeluang untuk terus dikem­bangkan teknologinya agar bersaing di pasar global. ers/E-12

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment