Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

Era Baru Kecepatan Data

Era Baru Kecepatan Data

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Perkembangan teknologi kabel laut berbasis serta optik mengalami kemajuan dalam kecepatan. Dengan teknologi optik koheren saat ini, kabel dapat mendukung hingga 36 terabit per detik. Kecepatan ini setara dengan secara bersamaan streaming jutaan film per detik, dengan latensi rendah.

Konsurosium sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Indigo yeng terdiri dari AARNet, Google, Indosat Ooredoo, Singtel, SubPartners, dan Telstra mengumumkan pada akhir Mei 2019, SKKL tersebut telah siap untuk digunakan oleh anggota konsorsium.

Pajang SKKL Indigo mencapai 9.200 km, terdiri dari Indigo West membentang sepanjang 4.600 km antara Singapura ke Perth, da Indigo Central membentang sepanjang 4.600 km antara Perth hingga Sydney.

“Pengembangan sistem kabel INDIGO memperkuat hubungan antara jaringan Australia kami dan pasar Asia Tenggara yang tumbuh cepat dan akan memberikan konektivitas yang lebih cepat kepada pelanggan kami dan keandalan yang meningkat secara dramatis,” kata Head of International Telstra, Oliver Camplin-Warner.

SKKL Indigo ditujukan untuk melayani konektivitas antara Australia dan pasar Asia Tenggara yang tumbuh cepat. Dengan teknologi berbagi spektrum baru, setiap anggota konsorsium dapat secara mandiri memanfaatkan SKKL untuk memperluas jaringan dan peningkatan kapasitas sesuai permintaan.

Menurut TeleGeography permintaan bandwidth antara Asia dan Australia akan mencapai 75Tbps pada tahun 2025. SKKL Indigo diyakini akan membantu memenuhi permintaan yang meningkat secara eksponensial untuk konektivitas langsung antara Singapura dan Australia.

Vice President Singtel, Carrier Services, Group Enterprise, Ooi Seng Keat mengatakan selesainya SKKL Indigo akan mempercepat peluncuran teknologi generasi mendatang yang mengandalkan latensi rendah, konektivitas bandwidth tinggi seperti video highdefinition, kendaraan otonom, Internet of Things dan aplikasi robotika, dan lainnya.

“Indigo membawa kami lebih dekat ke mewujudkan manfaat dari masa depan yang sangat terhubung. Kami berharap dapat meningkatkan layanan kami kepada pelanggan Singtel dan Optus, memperkuat posisi kami sebagai penyedia layanan data internasional terkemuka di kawasan ini.”

Chief Technology and Information Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic, menuturkan, “Indosat Ooredoo sangat senang dengan kesiapan Indigo tersebut. Ini akan mendiversifikasi koneksi internasional kami di seluruh Australia dan pasar Asia Tenggara yang tumbuh cepat,” ujar dia. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment