Koran Jakarta | September 21 2018
No Comments
Topan Florence

Enam Negara Bagian AS Umumkan Status Darurat

Enam Negara Bagian AS Umumkan Status Darurat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

WILMINGTON – Topan dahsyat Florence diwartakan pada Kamis (13/9) telah semakin dekat dengan wilayah pesisir timur Amerika Serikat (AS). Hal itu ditunjukkan oleh turunnya hujan lebat di pulau-pulau di lepas pantai Negara Bagian North Carolina.

“Saat ini pusat pusaran topan berada 275 kilometer di tenggara Kota Wilmington, North Carolina, bergerak ke arah barat laut dengan kecepatan 12 mil per jam,” demikian pernyataan Pusat Topan Nasional AS.

Sementara itu merespons pergerakkan Topan Florence, pemerintah Negara Bagian Georgia kemarin pun menyatakan status darurat bencana. Sebelumnya sudah ada 5 negara bagian menyatakan status darurat bencana yaitu Maryland, North Carolina, South Carolina, Virginia, dan Washington.

“Kami umumkan status darurat bencana untuk mengantisipasi prediksi terjangan Topan Florence,” kata Gubernur Negara Bagian Georgia, Nathan Deal. “Pemerintah negara bagian akan mengerahkan sumber daya yang tersedia untuk menjamin keselamatan publik, dan saya meminta warga Georgia dimana pun untuk bersiap menghadapi datangnya Topan Florence,” imbuh dia.

Mendengar laporan semakin mendekatnya Topan Florence, Presiden AS, Donald Trump, serta pejabat negara bagian dan daerah menyerukan agar warga waspada dan melakukan evakuasi. “Kita telah bersiaga sepenuhnya untuk Topan Florence, saat topan itu semakin besar dan kuat. Berhati-hatilah,” cuit Presiden Trump di akun media sosial miliknya.

Peringatan lewat media sosial pun datang dari astronot Jerman yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Alexander Gerst, yang memantau pergerakan Florence. “Hati-hati Amerika!”.

 

Melemah

Sementara itu Pusat Topan Nasional AS menyatakan bahwa Topan Florence saat ini telah melemah kekuatannya menjadi topan dengan kategori 2 dalam skala Saffir-Simpson.

“Walau telah melemah, topan ini masih membawa bahaya terutama di kawasan pesisir. Embusan anginnya bisa mencapai kecepatan 175 kilometer per jam dan curah hujan amat tinggi yang berpotensi menyebabkan banjir bandang dan meluapnya sungai-sungai,” lapor Pusat Topan Nasional AS.

Menurut keterangan dari pejabat federal untuk penanganan situasi darurat, Jeff Byard, Topan Florence akan menerpa wilayah pesisir Carolina layaknya hantaman tinju Mike Tyson. “Kita tak akan bisa mengelak dari hantaman itu,” kata Byard.

Selain Topan Florence, Pusat Topan Nasional AS melaporkan saat ini ada dua topan lagi sedang berkecamuk di Samudera Atlantik yaitu Topan Helene dan Topan Isaac. Seperti halnya Florence, kekuatan Topan Helene saat ini telah melemah dan saat menerjang daratan tak akan menimbulkan bahaya yang berarti. Namun Pusat Topan Nasional AS mewanti-wanti datangnya Topan Isaac karena topan ini membawa curah hujan amat tinggi di negara-negara kecil di Karibia seperti Martinique, Dominika, dan Guadeloupe. 

 

AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment