Enam Komunitas Ajak Warga Peduli Sampah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
Penanganan Sampah Plastik

Enam Komunitas Ajak Warga Peduli Sampah

Enam Komunitas Ajak Warga Peduli Sampah

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebanyak enam komunitas pencinta lingkungan melakukan aksi kampanye ber­sama mengajak masyarakat un­tuk peduli sampah di area Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu 7/7).

Kegiatan gabungan enam komunitas pencinta lingkungan yang didukung oleh salah satu produsen elektronik tersebut dilakukan dengan melakukan konvoi jalan kaki memutar di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan sepanjang Jalan MH Thamrin.

Tidak sekadar berkonvoi, aksi gabungan yang juga diikuti pu­luhan masyarakat umum itu juga melakukan aksi pungut sampah yang berserakan di sepanjang jalan yang mereka lalui.

Dengan diiringi musik perkusi dari botol dan galon bekas, aksi memungut sampah juga diwarnai teriakan-teriakan kampanye mengajak masya­rakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Ayo semua warga, jangan buang sampah sembarangan. Mari kita semua, buang sampah pada tempatnya,” teriak para aktivis di area CFD yang padat pengunjung.

Tak sedikit warga yang pedu­li terhadap kampanye tersebut. Beberapa kali pengunjung yang bersimpati terlihat membantu untuk memungut sampah yang tercecer di jalan.

Salah satu aktivis dari komu­nitas pencinta lingkungan Ja­karta Osoji Club, Faiz Muttaqin, mengapresiasi positif kegiatan kampanye gabungan ini.

“Dengan begitu, kami ber­harap pesan untuk lebih peduli sampah di Indonesia, khusus­nya Jakarta dapat lebih tersam­paikan,” kata Faiz.

Senada dengan Faiz, ak­tivis lingkungan dari komu­nitas Trash Hero, Wibisono, mengatakan kesadaran ma­syarakat yang kurang dalam membuang sampah pada tem­patnya masih menjadi pemicu banyaknya sampah yang ber­serakan di perkotaan.

Oleh karena itu, lanjut Wi­bisono, kampanye penyadaran seperti yang dilakukan secara gabungan oleh para aktivis ha­rus terus dilakukan.

Selain aksi kampanye de­ngan memungut sampah, aksi gabungan itu juga dilanjutkan dengan demonstrasi pengola­han sampah plastik oleh komu­nitas Kertabumi Klinik Sampah.

Mereka mempraktikkan cara mengolah sampah plastik un­tuk jadi barang dengan nilai jual tinggi ke masyarakat.  pin/Ant

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment