Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments

Enam Daerah di Jatim Terancam Luapan Bengawan Solo

Enam Daerah di Jatim Terancam Luapan Bengawan Solo

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Sebanyak enam kabupaten dan kota di wi­layah Jawa Timur (Jatim) yang berada di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo, terancam banjir. Hal itu terjadi akibat meningkatnya debit air seiring datangnya musim hujan pada Desember 2017 hingga Februari 2018.

“Daerah yang perlu meningkatkan kewaspadaan yaitu Bojonegoro, Ngawi, Madiun, Tuban, Lamongan, dan Gresik. Warga yang tinggal dekat dengan Bengawan Solo harus waspada. Saat curah hujan tinggi sewaktu-waktu bisa meluap,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logis­tik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Yanuar Rachmadi, di Surabaya, Rabu (6/12).

Yanuar menambahkan Bojonegoro akan menjadi dae­rah yang paling terdampak luapan karena memiliki 14 ke­camatan yang dilalui aliran Bengawan Solo. Tim Pusdalops BPBD Jatim telah melakukan koordinasi dengan Balai Be­sar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo untuk terus memantau perkembangan debit air. Masyarakat yang ada di beberapa daerah yang dialiri anak Bengawan Solo juga patut waspada karena rentan luapan. n SB/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment