Koran Jakarta | August 20 2019
No Comments
Antisipasi Bisnis

Emiten Seluler Antisipasi Trafik Pemilu Serentak

Emiten Seluler Antisipasi Trafik Pemilu Serentak

Foto : ANTARA/Aprillio Akbar
Antisipasi Trafik - Sejumlah karyawan memantau kesiapan jaringan dan trafik XL Axiata jelang Pemilu Serentak 2019 di ruang monitoring Customer Experience and Service Operation Center XL Axiata, Jakarta, Minggu (14/4). Pada Pemilu Serentak diperkirakan trafik data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial yang meliputi Facebook, Instagram, Twitter dan pesan singkat instan meliputi Whatapps, Telegram, dan Line.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (EXCL) memperkirakan akan terjadi kenaikan trafik terkait dengan berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada Rabu (17/4). Kenaikan trafik data diperkirakan sekitar 5-10 persen. Sementara itu kenaikan trafik voice dan SMS diprediksi sekitar 3 persen. Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan Perseroan telah menyiapkan jaringan yang memadai untuk mengantisipasi kenaikan trafik terkait dengan berlangsungnya Pemilihan Presiden pada Rabu nanti. Diperkirakan trafik data akan meningkat, terutama dari layanan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, pesan singkat instan seperti Whatapps, Telegram, Line. “Kami sudah melakukan langkah antisipatif dalam rangka Pilpres ini.

Kebetulan, karena ini berdekatan dengan bulan Ramadan lalu Lebaran, maka kami antisipasi ini sudah sekalian masuk dengan persiapan untuk jaringan Lebaran. Kami juga akan monitor terus kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/4). Lokasi kenaikan trafik kemungkinan terjadi di kota-kota besar, terutama Ibu Kota Jakarta dan kota penyangga sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi serta ibu kota provinsi.

Meski demikian, kenaikan trafik juga kemungkinan terjadi di kota-kota kecil di berbagai daerah, seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia atas berlangsungnya pesta demokrasi tahun ini. Trafik normal untuk layanan data XL Axiata di hari kerja biasa rata-rata sekitar 9.300 TB. Untuk voice sekitar 4 juta menit dan 71 juta untuk SMS. Adapun pada tahun 2019, Perseroan telah menganggarkan belanja modal (capital expendicture/capex) sebesar 7,5 triliun rupiah, sebanyak 80 persen di antaranya akan dipergunakan untuk membangun jaringan data berkualitas, termasuk di luar Jawa.

“Membangun jaringan hingga ke pelosok negeri searah dengan visi Pemerintah yang berusaha melaksanakan percepatan pembangunan di segala bidang, dengan infrastruktur jaringan data dan internet cepat sebagai salah satu penopang utamanya,” jelas Yessie. Hingga saat ini, jumlah pelanggan XL Axiata mencapai sekitar 54,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 82 persen dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 118 ribu BTS termasuk lebih dari 81 ribu BTS data (3G & 4G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia serta jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data 4G XL Axiata juga telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten di Indonesia. yni/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment