Eksplorasi Diri melalui “Estatic Chakra Dance” dan “Breathwork” | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Eksplorasi Diri melalui “Estatic Chakra Dance” dan “Breathwork”

Eksplorasi Diri melalui “Estatic Chakra Dance” dan “Breathwork”

Foto : istimewa
Pelatihan “Breathwork ” I Suasana saat acara Estatic Chakra Dance & Breathwork Ruko Emerald Avennue , Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (4/3). Peserta merasakan pengalaman baru yang menyehatkan.
A   A   A   Pengaturan Font

Hari minggu siang, saat sebagian dari kita sedang menikmati akhir pekan dengan bersantai merupakan saat yang tepat untuk mencoba hal baru yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Minggu siang itu, Innerchamber mengadakan acara Estatic Chakra Dance & Breathwork kegiatan ini berlangsung di lantai 3 Ruko Emerald Avennue 1 Blok EA/A-55, Bintaro, kegiatan ini sendiri terdiri dari dua bagian yaitu estatic chakra dance sebagai sesi pembuka sekaligus persiapan diri untuk melakukan breathwork.

Menggoyangkan seluruh anggota tubuh dengan iringan musik merupakan kenikmatan bagi para pengemar dance atau menari. Lalu apa istimewanya estatic chakra dance ini ? Ecstatic chakra dance adalah modifikasi dari ecstatic dance, suatu bentuk menari gaya bebas yang menghasilkan keadaan meditatif. Estatic chakra dance menekankan gerakan menari bebas tetapi berfokus pada titik-titik chakra agar tidak terjadi hambatan aliran energi dalam tubuh.

Dance facilitator berperan penting dalam menyiapkan musik untuk menari selain memberi sedikit pengarahan. Segala jenis musik dapat digunakan untuk mengiringi tarian namun lebih diutamakan musik yang banyak menekankan penggunaan perkusi dan dengan irama yang semakin lama semakin cepat dan berintensitas tinggi kemudian diakhiri dengan irama yang lebih tenang.

Bagi yang tidak biasa menari tidak perlu khawatir tidak ada aturan dalam menari, tidak perlu memikirkan bagaimana harus seperti apa kita menari, yang lebih istimewanya lagi adalah tidak ada yang akan melihat kita saat menari karena semuanya menari dengan mata tertutup. Menari dengan mata tertutup membantu kita terhubung dengan dunia di dalam batin kita – imajinasi, perasaan dan intuisi kita. Dengan estatic chakra dance,kita dapat merasakan keterhubungan diri kita dengan tubuh kita dan energi dalam tubuh kita.

Setelah estatic chakra dance dilanjutkan dengan breathwork dengan dipandu oleh Ineke Machdi dan Mesti, keduanya adalah fasilitator breathwork bersetifikat internasional. Breathwork adalah suatu praktik kesadaran tubuh, pikiran, perasaan dengan menggunakan teknik pernapasan “deep connected breathing”.

Dalam breathwork, proses bernapas, baik menarik maupun membuang napas dilakukan lewat mulut, secara terus menerus dan tidak terputus selama beberapa waktu. Breathwork adalah salah satu metode eksplorasi diri serta teknik penyembuhan (self-healing) yang bekerja dengan napas. Peserta berbaring terlentang dengan penutup mata dan bernafas melalui mulut. Lepaskan semua pikiran dan hanya fokus pada nafas.

Awalnya terasa tidak nyaman bernafas melalui mulut, sebentar kemudian kita menjadi terbiasa. Setelah itu terasa tidak nyaman di tubuh tetapi sulit untuk dikatakan dari bagian tubuh mana rasa tidak nyaman itu muncul. Kita akan diminta mengerakan bagian badan yang tidak nyaman tersebut sambil terus bernafas melalui mulut.

Sesi ini diakhiri dengan sharing antarpeserta. Ada kalanya pada saat breathwork tubuh terasa kaku dan tidak nyaman ataupun dapat muncul berbagai gambaran pengalaman-pengalaman (trauma) ataupun emosi-emosi yang terpendam (misalnya marah, kecewa). Menurut Ineke Machdi, ini hal yang wajar dan tiap peserta akan memiliki pengalaman yang berbeda setiap kali melakukan breathwork.

suradi/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment