Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Eks Presiden Taiwan Dituntut 4 Bulan Penjara

Eks Presiden Taiwan Dituntut 4 Bulan Penjara

Foto : AFP/ Sam YEH
Hadiri Sidang l Mantan Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou (tengah) saat tiba di Pengadilan Taipei pada 10 Januari 2017 lalu. Pada Selasa (15/5), Pengadilan Tinggi Taiwan memvonis Ma hukuman 4 bulan penjara atas kasus pembocoran rahasia politik.
A   A   A   Pengaturan Font

TAIPEI – Pengadilan Tinggi Taiwan pada Selasa (15/5) menjatuhkan vonis 4 bulan penjara terhadap mantan Presiden Ma Ying-jeou setelah terdakwa dinyatakan bersalah karena membocorkan rahasia politik mengenai pengawasan terhadap lawan politiknya. Skandal kasus ini yang sempat mengguncang karier politik Ma di masa akhir kepemimpinannya.

“Setiap informasi yang ia dapat dari kantor kepresidenan harus tetap jadi rahasia negara. Ma dijatuhi hukuman 4 bulan penjara karena melanggar keamanan komunikasi dan undang-undang pengawasan,” demikian bunyi vonis yang dikeluarkan Pengadilan Tinggi Taiwan.

Selain itu, Ma juga didakwa atas pelanggaran undang-undang perlindungan data personal dan menyalahgunakan wewenang saat menjabat sebagai presiden karena tak menjalankan tugas hukum kepresidenan.

Karena mengajukan banding, Ma belum menjalani masa tahanannya. Berdasarkan UU yang berlaku di Taiwan, setiap vonis penjara dibawah 6 bulan, terdakwa bisa tak mendekam dipenjara dengan ganti membayar denda. 

AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment