Koran Jakarta | November 22 2017
No Comments
Pemberantasan Korupsi

Eks Kepala Kantor Berita Dipecat dari PKT

Eks Kepala Kantor Berita Dipecat dari PKT

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Mantan kepala kantor berita milik negara Tiongkok, diwartakan telah didepak dari Partai Komunis Tiongkok (PKT) karena tindak pidana korupsi. Hal itu disampaikan institusi antikorupsi Tiongkok pada Senin (13/11).

“Liu Beixian yang jadi kapala kantor berita China News Service hingga masa pensiun Februari 2015 lalu, telah menerima suap dan hadiah amat mahal saat menyelewengkan kekuasaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari sejumlah perusahaan swasta,” kata Komisi Pusat Inspeksi Kedisiplinan (CCDI), dalam sebuah pernyataan resmi.

CCDI mengatakan bahwa Liu, 62 tahun, juga telah melakukan pelanggaran peraturan dengan menumpang pesawat di kelas utama sebanyak beberapa kali dan saat disidik, Liu tidak kooperatif.

“Sebagai pemimpin kader, Liu Beixian telah kehilangan idealisme, keyakinan, serta pelanggaran terkait hak istimewa,” imbuh CCDI sembari mengatakan seluruh barang bukti telah diberikan ke otoritas hukum yang berwenang untuk mengadili Liu.

Liu sebenanrnya telah disidik sejak Agustus lalu karena “pelanggaran disiplin serius”, sitilah populer di Tiongkok bagi tindak pidana korupsi.

Fungsi Berbeda

Di Tiongkok saat ini terdapat dua kantor berita yang dikelola pemerintah. China News Service yang ada dibawah kendali kantor Kementerian Hubungan Tiongkok di Perantauan, berfungsi untuk memberikan informasi berita bagi komunitas Tionghoa di Hong Kong dan Taiwan.

Sementara kantor berita yang lainnya yaitu Xinhua, merupakan kantor berita resmi milik pemerintah Tiongkok.

Berdasarkan catatan kariernya, Liu mulai berkarier di China News Service sejak 1983 dan sempat menjabat sebagai ketua biro di Hong Kong pada periode 1997-2000. Hong Kong yang merupakan bekas wilayah koloni Inggris dikembalikan ke Tiongkok pada 1997.

Kampanye pemberantasan korupsi mulai gencar dilakukan saat Xi Jinping menjadi pemimpin Tiongkok. Kampanye antikorupsi yang dijalankan Presiden Xi menjangkau ke semua lini di pemerintahan maupun bisnis di Tiongkok.

Sudah ribuan orang terutama pejabat negara yang digiring ke penjara dalam kampanye pemberantasan korupsi di Tiongkok. Beberapa diantaranya harus menjalani hukuman mati karena melakukan korupsi berat. Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment