Koran Jakarta | September 24 2019
No Comments

Duterte: Xi Jinping Tawarkan Usaha Patungan Bidang Gas

Duterte: Xi Jinping Tawarkan Usaha Patungan Bidang Gas

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengata­kan rekan sejawatnya dari Tiongkok telah menawarkan ke­pada Manila saham dalam usaha patungan di sektor ener­gi di Laut Tiongkok Selatan (LTS) jika ia mengabaikan ke­putusan arbitrase internasional yang tidak sejalan dengan Beijing.

Duterte menyatakan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, te­lah mengatakan kepadanya dalam pertemuan baru-baru ini bahwa jika ia mengabaikan fatwa Mahkamah Tetap Arbi­trase (PCA) tahun 2016 dan Tiongkok akan sepakat menjadi mitra juniordalam sebuah usaha patungan untuk mengem­bangkan deposit gas di Reed Bank, yang terletak dalam Zo­na Ekonomi Eksklusif (ZEE) Filipina.

“Abaikan fatwa aribitrase itu,” kata Duterte yang dikutip wartawan Selasa (10/9) malam dalam keterangannya yang dikeluarkan kantornya pada Rabu (11/9).

“Singkirkan klaim Anda. Kemudian izinkan siapa saja terkait dengan perusahaan-perusahaan Tiongkok. Mereka ingin melakukan eksplorasi. Kalau ada sesuatu, kata mere­ka, kami akan cukup murah hati memberi Anda 60 persen, hanya 40 persen akan jadi saham mereka, Itulah janji Xi Jin­ping,” imbuh Presiden Filipina itu.

Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Tiong­kok di Manila belum segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar atas keterangan Duterte tersebut. SB/ST/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment