Koran Jakarta | September 25 2018
No Comments
Proyek BUMN

Dua Ruas Tol Trans Jawa Selesai 2018

Dua Ruas Tol Trans Jawa Selesai 2018

Foto : ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau dua ruas tol Trans Jawa yang pengerjaannya akan rampung pada tahun 2018.

Ruas itu adalah Pejagan-Pemalang dan ruas Pemalang-Batang sampai dengan Semarang. Pemegang konsesi ruas Pejagan-Pemalang adalah PT Pejagan Pemalang Tol Road yang saat ini sahamnya dimiliki oleh PT Waskita Transjawa Toll Road, salah satu anak perusahaan PT Waskita Toll Road.

Sedangkan pemegang konsesi ruas Pemalang-Batang adalah PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) yang sahamnya dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) dan PT Waskita Toll Road. Ruas ini membentang sepanjang 75,0 km dengan biaya investasi mencapai 11,05 triliun rupiah.

Pada kesempatan itu, Menteri Rini menyatakan aspek keselamatan kerja selama proses pembangunan sudah sangat baik dan sesuai dengan standarisasi Kementerian PUPR. “Leveling dan ketinggian tanahnya diperhatikan. Perkembangan proyeknya saya lihat sangat baik,” kata Rini di Kendal, Rabu (11/7).

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, menuturkan pengerjaan ruas Batang - Semarang telah mencapai 83,99 persen hingga 1 Juli 2018 dan ditargetkan bisa selesai pada akhir tahun 2018. “Pembangunan di ruas Batang-Semarang yang sudah berlanjut lagi usai dipakai mudik, termasuk jembatan Kalikuto.

“Saya yakin ruas tol Batang-Semarang akan bisa dioperasikan pada tahun ini,” ungkap Desi. Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk (JSMR), I Gusti Ngurah Putra, menambahkan pihaknya pun mengaku optimis akhir tahun ini ruas Pejagan sampai dengan Semarang sudah bisa selesai.

Terlebih pengerjaan jembatan Kalikuto yang merupakan salah satu titik penting dalam ruas ini sudah mencapai 90 persen dan bisa rampung pada akhir Agustus 2018. “Dengan semangat sinergi, kami bersama Jasa Marga dan pihak kepolisian sempat membuka secara fungsional jembatan Kalikuto demi melayani para pemudik. Sekarang Kalikuto kami sempurnakan penyelesaiannya,” pungkasnya. 

 

yni/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment