Koran Jakarta | March 24 2019
No Comments
JEDA

Dua Pasang Capres Agar Utamakan Energi Terbarukan

Dua Pasang Capres Agar Utamakan Energi Terbarukan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) meminta komitmen kedua pasangan calon presiden yang akan bertarung dalam Pilpres 17 April mendatang untuk memprioritaskan pemanfaatan energi terbarukan.

Semua itu dalam rangka upaya pencapaian target energi terbarukan dalam bauran energi yaitu 23 persen pada 2025, penyediaan akses energi di wilayah terpencil dan terluar, serta memenuhi komitmen Indonesia dalam Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2015 di Paris (COP 21).

“Kami berharap dalam debat terkait energi tanggal 17 Februari 2019 kedua pasangan calon presiden bersedia menyampaikan komitmen ini,” ujar Ketua Umum METI Surya Darma dalam acara Press Briefing METI dan Institute for Essential Service Reform (IESR) di Jakarta, akhir pekan ini.

Adapun implementasi komitmen bisa dimulai dengan menata ulang regulasi sektor energi terbarukan yang tidak pro investasi. Misalnya, dalam Permen ESDM Nomor 50 tahun 2017 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan, skema membangun, memiliki, mengoperasikan, dan mengalihkan (build, own, operate, and transfer/BOOT) dinilai memberatkan swasta. sur/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment