Koran Jakarta | November 19 2019
No Comments
Pimpinan Bank Sentral

DPR Restui Destry Damayanti DGS BI 2019-2024

DPR Restui Destry Damayanti DGS BI 2019-2024

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Komisi XI DPR menyetujui Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penja­min Simpanan (LPS) Destry Damayanti menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indo­nesia (DGS BI) periode 2019- 2024. Meski demikian, Komisi XI DPR mengusulkan agar pemerintah tak lagi mengaju­kan calon tunggal untuk men­gisi jabatan Dewan Gubernur BI karena dikhawatirkan bisa mengganggu kredibilitas inde­pendensi Bank Sentral.

Ketua Komisi XI DPR Mel­chias Markus Mekeng usai ra­pat internal Komisi XI DPR di Jakarta, Kamis (11/7), men­gatakan komisi tidak perlu melakukan pemungutan suara (voting) karena setelah ma­sing-masing fraksi partai po­litik melakukan lobi internal, Destry Damayanti mendapat persetujuan dari sembilan fraksi partai politik yang hadir.

“Dipilih secara aklamasi. Se­telah ini kami akan mengirim surat ke Badan Musyawarah DPR untuk menjadi agenda si­dang paripurna,” kata Mekeng.

Namun, Mekeng menam­bahkan Komisi XI DPR akan mengirimkan surat kepada pimpinan DPR untuk meminta pemerintah tak lagi mengaju­kan calon tunggal.

“Kami ingin katakan BI ini lembaga independen, maka di pemilihan anggota dewan Gubernur BI berikutnya, tidak lagi dikirimkan calon tunggal, karena jika hanya calon tunggal, kami khawatir publik berpersep­si macam-macam terkait DPR dan pemerintah,” kata Mekeng.

Mekeng mengatakan su­rat dari komisi keuangan dan perbankan itu terkait permin­taan tidak ada lagi calon tung­gal akan dikirimkan kepada pimpinan DPR dan dibacakan pada sidang paripurna saat pe­ngesahan persetujuan Destry Damayanti sebagai Deputi Gu­bernur Senior BI 2019-2024.

Seperti diketahui, Destry mengikuti serangkaian uji ke­layakan dan kepatutan atau fit and proper test dimulai sejak 1 Juli 2019. Pada uji kelayakan di depan anggota komisi keuan­gan dan perbankan itu, Destry memaparkan rencana kebijakan bertema Menjadi Bank Sentral yang Adaptif dan Inovatif.

Selama uji kelayakan, Komisi XI meminta pendapat dari Per­himpunan Bank-Bank Nasional, Himpunan Bank Negara, Badan Intelejen Negara dan Pusat Pel­aporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Dengan disetujuinya pencalonan itu, Destry akan menggantikan Mirza Adityas­wara yang purna tugas pada 24 Juli 2019. mad/Ant/E-10  

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment