Koran Jakarta | July 24 2017
No Comments

DPR Kritisi Pemerintah Terkait Pemotongan Anggaran Ristek

DPR Kritisi Pemerintah Terkait Pemotongan Anggaran Ristek

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah kembali melakukan efisiensi anggaran belanja di Indonesia, kali ini ialah sektor riset dan pendidikan tinggi yang menjadi sasaran. Anggaran Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti), yang mencapai lebih dari 41 triliun rupiah yang kemudian dipotong sebesar 1,4 triliun rupiah untuk periode 2017 sampai dengan 2018.

Jika dibanding 2016 yang hanya sekitar 39 triliun rupiah memang masih sedikit lebih tinggi, namun rencana untuk meningkatkan jumlah beasiswa tentu akan menjadi terganggu dan berbuntut juga pada berkurangnya jumlah riset yang berkurang.

Merespon hal tersebut, Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anang Hermansyah, Minggu (16/7) mengkritik keras Pemotongan anggaran Kemenristekdikti sebesar 1,4 triliun rupiah oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di 2017 sampai dengan 2018. Anang menilai, penurunan anggaran tersebut akan berdampak luas bukan hanya pada dampak berkurangnya riset dan beasiswa tapi akan ada efek domino terutama bagi kemajuan bangsa. fan/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment