Koran Jakarta | October 16 2018
No Comments
PORTOFOLIO

Dosen UB Ciptakan Suplemen dari Susu Kambing

Dosen UB Ciptakan Suplemen dari Susu Kambing

Foto : ISTIMEWA
Universitas Brawijaya (UB), Malang.
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Tim dosen Uni­versitas Brawijaya (UB) Malang berhasilmembuat suplemen makanan dari susu kambing eta­wa berbentuk jeli dan effervescent.

Keunggulan produk tersebut adalah tidak memerlukan peralat­an khusus seperti lemari es atau freezer, karena produk ini mem­punyai kadar air dan aktivitas air yang relatif rendah, serta dikemas dalam kondisi vakum dengan ba­han kemasan dari plastik dan alu­minium foil.

“Pengemasan dengan kondisi tersebut dapat mencegah dari ke­rusakan akibat teknis maupun kemungkinan cemaran mi­kroorganisme dan dapat menekan biaya penyimpanan dan pemasaran produk,” kata perwakilan tim, Kartika Putri Ku­malasari, lewat keterangan tertulis, Minggu (2/9).

Kartika menambahkan, untuk menjadi produk efferves­cent dan jeli, susu kambing diproses dengan pasteurisasi, fermentasi dengan penambahan BAL, pemisahan kasein dari whey, dan pan drying.

“Keunggulan lain adalah susu kambing bersifat antiok­sidan. Produk susu fermentasi ini dipercaya bisa memberi­kan efek yang menyehatkan dan dapat menyembuhkan be­berapa penyakit,” pungkas dia. SB/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment