DIY Ajak Milenial Bertani | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments

DIY Ajak Milenial Bertani

DIY Ajak Milenial Bertani

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA – Untuk menumbuhkan kembali minat anak muda bertani, Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yog­yakarta (DIY) menyusun program pertanian inti plasma. Nantinya program ini akan fokus pada petani milenial atau petani muda produktif sehingga bisa meningkatkan pro­duksi pertanian.

Kepala Dinas Pertanian DIY, Arofa Noor Indriani, meng­ungkapkan tingginya alih fungsi lahan menjadi salah satu alasan pihaknya mengkonsep program ini. Selain itu, Arofa juga menyebut respons petani muda dirasa kurang untuk mengatasi permasalahan pertanian DIY.

“Program ini dimaksudkan untuk memunculkan petani milenial yang unggul. Petani muda yang mampu memak­simalkan lahan yang terbatas untuk meningkatkan produk pertanian baik kualitaa maupun kuantitas,” jelas Arofa saat pemaparan konsep di hadapan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedhong Gadri, Kompleks Kepati­han, Yogyakarta, Kamis (13/2).

Menurut Arofa, melalui konsep inti plasma pertanian ini, diharapkan tercipta wirausaha pertanian berbasis eko­sisitem. Nantinya, konsep inti plasma ini akan diwujudkan melalui kemitraan dengan petani milenial.n YK/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment