Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
Pengawasan Tempat Hiburan

Diskotek Old City Ditutup Permanen

Diskotek Old City Ditutup Permanen

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup permanen Diskotek Old City di Jakarta Barat karena terbukti menjadi sarang narkoba bagi pengunjungnya.

“Belum tahu, saya cek dulu nanti,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat dikonfirmasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (5/4).

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin, membenarkan pihaknya telah melakukan penutupan Diskotek Old City. Menurutnya, penutupan diskotek ini karena Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah mencabut izin operasional diskotek tersebut.

“Iya betul. Ini penutupan permanen, kalau yang awalnya dulu bersifat sementara (sambil) menunggu proses yang dilakukan pariwisata dan dari PTSP dalam rangka menyabut izin usahanya,” kata Arifin.

Menurutnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta telah merekomendasikan pencabutan Surat Tanda Usaha Pariwisata (TDUP) kepada DPMPTSP. Lalu, DPMPTSP pun mencabut TDUP itu sekaligus mencabut Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang dimiliki manajemen Old City.

“Nah, karena sudah dikeluarkan dari PTSP untuk izin usahanya. Yang sudah dicabut TDUP maupun SIUP. Kemarin sore kita lakukan penutupan,” tegasnya.

Dia mengatakan, penutupan Diskotek Old City itu merupakan rangkaian penemuan bukti narkoba di tempat hiburan malam itu. Diakuinya, Satpol PP DKI Jakarta sempat menyegel Diskotek Old City untuk pemeriksaan lebih lanjut. Namun, pihaknya menemukan bukti yang kuat untuk menutup usaha tersebut secara permanen.

“Kalau sementara kan memungkinkan bisa buka, bisa lanjut, bisa tidak. Kalau sementara itu kan bisa dilepas segelnya kalau hasilnya negatif. Nah, ini hasilnya positif ya kita permanenkan penutupannya. Iya betul terbukti melanggar, sehingga ditutup usaha Old City-nya,” tegasnya.

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta menemukan 52 pengunjung Diskotek Old City yang terbukti mengkonsumsi narkoba. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta sering kali melakukan pembinaan terhadap tempat hiburan malam di Ibu Kota.

Pembinaan itu dilakukan sekaligus menyosialisasikan Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2018. Dalam regulasi itu diatur ketat soal narkoba, judi, prostitusi, ataupun perdagangan manusia, sehingga jika ditemukan pelanggaran atas hal itu, pihaknya tidak segan menutup usaha tersebut.  pin/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment