Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments

Dipasarkan, Teknologi Baru TV OLED

Dipasarkan, Teknologi Baru TV OLED

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

LG yang saat ini menguasai pasar TV OLED dunia, kembali menghadirkan inovasi baru pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019, yang berlangsung dari 8 - 11 Januari 2019 di Las Vegas, AS. Kali ini merek Korea ini memboyong LG Signature OLED TV R (model 65R9). LG Signature OLED TV R memiliki kelenturan cukup tinggi. Tidak heran TV ini dapat dapat digulung (rollable), seperti kertas untuk kemudahan dibawa ke mana saja. Form factor TV OLED ini dibuat dengan tujuan memperluas kemungkinan penempatannya dengan menyesuaikan ruang rumah penggunanya.

“Berpadu dengan inovasi pada visual dan audio, LG SIGNATURE OLED TV R membawa cara yang benar-benar baru dalam menikmati hiburan melalui TV,” demikian siaran pers LG Electronics Indonesia. Sejak lama perkembangan TV berfokus pada dua hal yaitu bentang layar yang semakin besar, bersanding dengan peningkatan pada resolusi. Keuntungan yang didapat pengguna mesti ditukar dengan bentuk persegi berwarna hitam dari TV yang dalam keadaan tak aktif yang mendominasi ruangan. Melalui LG Signature OLED TV W pada 2018, LG berupaya keluar dari upaya yang bersandar pada konsep tradisional tersebut.

Caranya dengan menitikberatkan fokus pada kesederhanaan layarnya, hingga mendapat julukan wallpaper TV, menjadi pem-buktian LG bahwasannya TV dapat memberikan kinerja, kehalusan sekaligus keindahan pada saat bersamaan. Namun dengan LG Signature E OLED TV R, upaya LG ini telah membawa inovasi TV pada tingkatan yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. TV ini disebutkan menjadi representasi keberhasilan LG dalam mencipta layar TV yang mampu muncul dan menghilang. Cukup dengan satu sentuhan tombol, layar TV akan muncul perlahan bergerak vertikal hingga seluruh bentang layarnya.

Namun ketika tak digunakan, layar TV ini akan kembali bergerak turun ke bawah hingga tak terlihat sama sekali. Layar TV yang benar-benar baru dan seakan melawan logika inilah yang membuat LG membubuhkan huruf ‘R,’ singkatan dari Revolusi , namun juga mendefinisikan kembali (redefining) ruang menonton dengan kemampuan layarnya yang dapat bergulung. Kehadiran TV OLED dengan layar dapat digulung ini benarbenar mengubah seluruh permainan. Pasalnya, pengguna tak lagi memiliki keterbatasan dalam penempatannya. Membebaskan ruang dan bahkan dinding yang biasa digunakan bagi penempatan TV sehingga dapat digunakan untuk hal lain.

Semakin menarik karena layar TV OLED yang menggulung ini tersedia dalam tiga opsi yaitu Full View, Line View dan Zero View. Seperti namanya, Full View merupakan tampilan penuh layar TV, sementara Line View akan membuat layarnya hanya akan muncul sebagian. Line View berguna saat pemiliknya ingin men-goperasikan berbagai fitur yang tak memerlukan tampilan layar TV penuh. Semisal tampilan jam, frame, mood, music dan akses pada dashboard untuk menggunakan fitur lain.

Bila mode tampilan jam dapat digunakan pula untuk mendapat informasi cuaca, mengubah dalam tampilan frame akan membuat penggunanya dapat menikmati berbagai foto keluarga dari berbagi melalui smartphone. Pilihan pada mode mood sendiri mem-beri penggunanya tampilan layar yang mendukung menciptakan suasana lebih santai.

Pada opsi tampilan Zero View, seluruh bentang layar 65 inci dari LG SIGNATURE OLED TV R akan benar-benar tak terlihat, menggulung tersembunyi pada bagian landasannya. Namun demikian, pada tampilan Zero View ini pengguna masih tetap akan dapat me- nikmati musik maupun audio lain melalui sistem audio Dolby Atmos 4.2 channel bertenaga 100W.

Dukungan pengembangan pengolahan gambar dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent – AI) dan prosesor terkini LG (Alpha) 9, memberikan penggunanya pengalaman visual dan audio yang mengesankan. Dengan AI pengguna pun dapat mengoperasikan TV OLED LG ini melalui perintah suara berkat adanya Amazon Alexa hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment