Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments

Dilema Pilihan Adik Tersayang atau Kepastian Pernikahan

Dilema Pilihan Adik Tersayang atau Kepastian Pernikahan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Caraval

Penulis : Stephanie Garber

Terbit : Maret 2017

Tebal : 422 halaman

Penerbit : Noura

Kisah ini bermula dari Scarlett dan Donatella Dragna, kakak beradik yang tergila-gila akan sihir Caraval. Hampir setiap tahun, Scarlett mengirimkan surat kepada sang Legend, pemilik Caraval. Sayang, begitu banyak surat yang dikirim Scarlett Dragna, tapi tidak satu pun dibalas Legend. Ini membuat Scarlett menguburkan impiannya dalam-dalam. Hingga pada suatu hari, datang sepucuk surat balasan dari Legend yang membuat adik Scarlett, Tella, kabur dari rumah demi berada di Caraval.

Panik akan hilangnya sang adik, Scarlett pun berusaha memasuki Caraval dengan bantuan pemuda asing bernama Julian. Setelah tertimpa berbagai kejadian aneh, Scarlett pun menemukan fakta bahwa satu-satunya jalan menyelamatkan Tella dengan memenangkan Caraval. Hanya, memenangkan Caraval tidaklah mudah. Dia haraus bersaing dengan puluhan orang.

Satu per satu orang yang dikenal Scarlett menghilang secara misterius. Beberapa di antaranya bahkan ditemukan tidak lagi bernyawa. Scarlett pun semakin mempercayakan diri pada Julian, meskipun masih ada setitik keraguan akan jati diri pria tersebut. Hingga akhirnya, Scarlett dihadapkan pada pengkhianatan dari orang-orang yang paling dipercaya. Scarlett pun sampai pada tahap tidak lagi mempercayai siapa pun. Dia siap menghadapi Legend seorang diri.

Hadir dengan sampul berwarna hitam dengan bintang berwarna biru gemerlap, Caraval memberikan kesan yang elegan. Ditambah dengan sulur-sulur berwarna merah mengkilap di bagian atas dan bawah sampul membuat novel ini semakin terkesan megah. Novel yang diterbitkan tahun 2017 ini sudah diterjemahkan ke lebih dari 23 bahasa dan dipublikasikan di lebih dari 25 negara.

Adapun sekuel Caraval yang berjudul Legendary rencananya akan diterbitkan pertengahan tahun 2018. Novel ini bahkan sudah memiliki kontrak dengan Twentieth Century Fox.

Buku ini menyuguhkan pengalaman memasuki dunia penuh sihir, pengorbanan, kasih sayang, dan pengkhianatan yang tidak terduga. Buku ini berhasil menarik pembaca ikut merasakan cemas, takut, dan ketidakpastian sebagaimana dirasakan Scarlett selama berada di Caraval. Juga diceritakan dilema Scarlett untuk memilih adik ataukah kepastian nasib pernikahannya.

Novel ini lebih bercerita mengenai perasaan kasih sayang dan pengkhianatan. Penulis sering memfokuskan pada perasaan-perasaan yang berkecamuk dalam diri Scarlett. Dalam setiap keputusan, setiap kalimat yang diucapkan, selalu tergambar emosi Scarlett secara jelas.

Ada cerita suasana, perasaan, secara menakjubkan, seakan-akan perasaan memiliki warna dan bau. Atau bau yang digambarkan dengan warna-warna yang nyata. Cara penceritaannya sungguh unik, membuat pembaca mencoba membayangkan bau yang serupa dengan warna sarung tangan, kegugupan berwarna biru es, atau parfum yang beraroma seperti tengah malam. Dalam buku ini masih ada lebih banyak penggambaran cantik yang serupa. 

Diresensi Emmanuella Sukma Rukminingtyas, Mahasiswi Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment