Desain Fleksibel di Lahan Terbatas | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Desain Fleksibel di Lahan Terbatas

Desain Fleksibel di Lahan Terbatas

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tren yang akhir-akhir ini berkembang adalah pemilihan rumah yang simple dan praktis yang tetap membuat penghuninya nyaman berada didalam rumah. Jika Anda tertarik untuk mengikuti tren tersebut, ada beberapa informasi menarik dari kantor desainer architectaria tentang memperkecil ukuran ruangan di rumah agar kegiatan lebih efektif.

Selama ini, banyak pemilik rumah yang berpikir bahwa ruangan yang luas akan lebih baik dibandingkan ruangan yang berukuran kecil dan terbatas. Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar.

Konsepnya adalah ukuran ruangan harus menyesuaikan kebutuhan pemilik rumahnya. Untuk itu, langkah awal ketika memutuskan untuk merenovasi rumah adalah dengan menanyakan kepada diri sendiri apakah Anda membutuhkan ruangan yang besar atau ruangan sederhana yang kecil.

Menurut desainer architectaria, manfaat mengecilkan ukuran ruangan sangat beragam. Banyak pasangan muda yang sekarang ini lebih menyukai ruangan yang tidak terlalu besar karena mereka lebih menyukai hal-hal yang praktis dan sederhana.

Mungkin juga hal ini sama seperti Anda. Apalagi jika hobi Anda adalah traveling, tentu saja ketika sampai di rumah Anda tidak mau melihat barang terceceran dan untuk meminimalisir hal tersebut akan lebih baik jika ruangan di rumah yang Anda miliki tidak terlalu luas sehingga Anda dapat merapikannya dengan segera.

Mengecilkan atau merampingkan ukuran ruangan juga sangat tepat bagi Anda yang memiliki anggaran dana terbatas. Ruangan yang kecil dan praktis tentunya tidak membutuhkan banyak dekorasi dan hiasan sehingga Anda dapat menggunakan uang Anda untuk kebutuhan lainnya.

Manfaat lain dari ruang yang terbatas adalah Anda lebih memiliki banyak waktu karena ruang yang tersedia tidak terlalu luas sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk membersihkan semuanya.

Dengan begitu, Anda memiliki waktu untuk beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga Anda. Dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar Anda juga akan menghemat biaya listrik karena energi yang di konsumsi tentunya lebih sedikit.

Selain itu dengan ruangan yang berukuran tidak terlalu besar, Anda akan lebih bahagia dan terhindar dari rasa stress karena tidak banyak yang harus Anda lakukan layaknya pemilik rumah yang memiliki ruangan besar yang harus mengurus segala sesuatu melebihi kemampuan fisik mereka. Menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan

Untuk merampingkan ruangan rumah, hal yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan tidak Anda perlukan lagi. Mungkin hal ini terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi ketika Anda mulai merapikan semua benda, rasanya semuanya terlalu sulit untuk disingkirkan.

Di area dapur, Anda dapat menyingkirkan perabotan yang sudah rusak yang biasanya Anda biarkan tergeletak begitu saja.

Setelah itu pindahlah ke beberapa ruang yang ada di rumah Anda. Kamar tamu misalnya, yang biasanya terdapat banyak perabotan besar yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Jika Anda ingin lebih bebas bergerak, pilihlah sofa sudut yang biasanya di desain membentuk sudut sehingga bagian tengah ruangan masih dapat digunakan untuk bergerak.

Agar lebih efisien, Anda dapat menggabungkan ruang makan dan dapur agar aktifitas di dalam rumah dapat terkendali. Pastikan terdapat ruang yang cukup untuk pergerakan Anda di dapur agar aktifitas memasak tetap terasa nyaman. Pilihlah kabinet dapur menggantung di dinding agar dapur lebih efisien penataan tempatnya. yun/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment