Desain Fleksibel di Apartemen | Koran Jakarta
Koran Jakarta | August 11 2020
No Comments

Desain Fleksibel di Apartemen

Desain Fleksibel di Apartemen

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Keberanian mengubah interior apartemen dari desain standar mampu memberikan kenyaman. Hal ini lantaran, interior terasa lebih personal sesuai dengan suasana hati penghuninya.

Konsep tersebut dilakukan Nildo Jose, arsitek yang mengubah unit aparteen tiga kamar menjadi dua kamar. Apartemen yang terletak di Vila Madalena Sao Paulo, Brazil memiliki luas 130 meter persegi. “Poin kuncinya adalah keluar dari kesamaan dan mencari solusi inovatif dan tidak konvensional untuk lingkungan rumah, berusaha membuat anggun, integrasi dan kesejahteraan,” ujar Nild seperti yang dilansir dari portal dezeen.

Sederet pintu kayu yang membentu dinding digunakan untuk menyembunyikan kamar yang diperbesar tersebut. Setiap porosnya dapat terbuka untuk memperlihatkan tempat tidur. Bagian ini menjadi puncak desain supaya ada keterhubungan antara kamar dengan ruang tamu.

Apartemen terdiri dari kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dapur serta area tempat duduk yang cekung menggunakan lantai kayu dengan tangga marmer putih untuk ke tingkat yang lebih rendah. Di ruang tersebut terdapat sofa berentuk L, rak-rak putih, lampu khusus serta kursi coklatt yang membentuk sudut baca.

Bagian dapur ditampilkan dengan lemari hijau dan meja dan rak abu-abu sebagai penghubung dengan keseluruhan detail apartemen. “Dapur terbuka dan funky, memadukan gaya pedesaan dan moderen dengan warna, desain dan material,” ujar dia.

Untuk menambah makin menghidupkan suasana ruang, apartemen menggunakan perabot yang moderen dan vintage. Dengan, bahan yang digunakan cukup beragam. “Dekorasi apartemen terlihat sangat peka terdapat lingkungan sekitar serta membawa keseimbangan dan harmoni,” ujar dia.

Secara keseluruhan, Nildo mengambil garis desain 1960 an dan 1970 an. Desain pada tahun tersebut digabungkan dengan gaya kontemporer yang biasa digunakan pada proyeknya. Sebelumnya, dia kerap merancang ruang pamer yang mirip dengan apartemen. Kayu lipat yang digunakan sebagai pembatas. din/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment