Koran Jakarta | August 20 2019
1 Comment

Desain Atraktif “Crossover” Korea

Desain Atraktif “Crossover” Korea

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, meluncurkan crossover terbaru untuk mengisi segmen “compact SUV” atau mobil sport multifungsi kompak. Seperti apa fitur dan keunggulannya?

Manajamen Hyundai merilis mobil crossover terbarunya memiliki keunggulan pada desain yang dinamis, menarik dengan fitur lengkap dan harga yang kompetitif. Kesannya, tampilan mobil ini atraktif, paduan desain sport eksterior dan mewah di interior.

Mobil anyar Hyundai ini diberi merek Kona untuk pasar Indonesia. Kona resmi dikenalkan kepada media,pada Kamis (4/4). Rencananya, mobil ini akan diluncurkan secara resmi pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, antara 25 April - 5 Mei mendatang.

Meski telah dikenalkan kepada media, Hyundai belum mengeluarkan spesifikasi Kona secara rinci untuk pasar Indonesia. “Ya nanti untuk berita resmi soal Kona akan dirilis nanti,” kata Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno.

Di pasar global, mobil crossover dengan lima pintu ini pertama kali diluncurkan pada Juni 2017. Mobil ini bahkan telah memiliki versi listrik yang diluncurkan pada paruh pertama 2018 yang telah dijual di Thailand.

Hyundai Kona, baik versi mesin konvensional dan listrik, keduanya bahkan menjadi pemenang dalam katergori 2019 North American Utility Vehicle of the Year, untuk kelas subcompact crossover SUV. Penghargaan tersebut cukup menunjukkan kelas Kona sebagai mobil yang layak ditunggu.

SUV 5-penumpang yang ukurannya lebih kecil dari Tucson ini dihadirkan untuk masuk di lahan yang sudah diisi Honda HR-V, Nissan Juke, dan Mazda CX-3.

Mukiat menjanjikan harga Kona cukup bersaing dengan para kompetitor seperti Honda HR-V dan juga Mazda CX 3. “Akan dibuka harganya pada IIMS 2019. Tentunya, sangat kompetitif dengan pesaing,” ungkapnya.

Bocorannya, mobil ini akan dipasarkan mendekati harga HR-V. Dengan kapasitas mesin 1.500, yang dibanderol pada harga antara 284,5 juta hingga 334,5 juta rupiah. Sementara untuk pilihan mesin 1800. cc dipasarkan pada harga sekitar 400 juta rupiah.

Menurut Direktur Deputi Pemasaran PT HMI, Hendrik Wiradjaja, Kona dinantikan konsumen Tanah Air karena memiliki beberapa kelebihan, seperti desain yang menarik, fitur terkini yang lengkap, dengan harga yang kompetitif.

Pada jajaran Hyundai, Kona berada di bawah Hyundai Tucson yang berada di kelas SUV. Dengan demikian harga varian terendah tidak akan melebihi harga Rucson varian terendah yang dijual pada harga 391 juta rupiah. “Di bawah Tucson posisinya,” ujar Hendrik.

Di pasar global Kona tersedia dalam pilihan mesin antara 1.600cc, 2.000cc, dan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc. Kona menawarkan pilihan transmisi lengkap mulai dari manual 6-percepatan, otomatis 6-percepatan, dan DCT 7-percepatan.

Dengan kelebihan yang dimiliki, Kona diharapkan menjadi tulang punggung baru bagi Hyundai, yang sebelumnya mengandalkan MPV H-1, dan Gran i10 sebagai tulang punggung penjualan. Kona akan dipasarkan dalam satu pilihan mesin.

Kona Listrik

Di pasar Thailand, Hyundai malah lebih berani dalam menawarkan teknologi untuk Kona. Pada kehadiran Kona di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019, pada Marel 2019, mobil ini di pasarkan dalam pilihan tenaga listrik.

Hyundai Kona Electric dibekali motor listrik dengan baterai 64 kWh. Sumber daya ini menghasilkan tenaga sebesar 203 daya kuda dan torsi mencapai 395 Nm.

Jarak tempuhnya maksimlanya mencapai maksimal 482 km. Jika jarak Jakarta- Semarang 424,5 km mobil ini masih memiliki sisa energi di baterainya.

Kona juga memiliki varian kapasitas beterai yang lebih kecil 39,2 kWh yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 135 tenaga kuda. Kapasitas beterai kecil membuat jarak yang mampu ditempuh hanya sejuh 312 km dari kondisi baterai penuh.

Dengan ukuran kapasita baterai yang berbeda Hyundai Kona SE dengan baterai 39,2 kWh ditawarkan pada harga sekitar 827 juta rupiah. Sementara varian baterai 64 kWh atau Hyundai Kona SEL dibanderol sekitar 1 miliar rupiah.

Dengan penggerak motor listrik, Hyundai Kona Electric tentu saja memiliki tampilan yang sedikit berbeda dengan model mesin konvensionalnya. Beberapa ubahan tampilan terlihat pada gril dan lampu utama berteknologi LED yang hemat daya dengan desain berbeda.

Pada interior terdapat instrumen panel layar digital dengan ukuran 7-inci, head-up display, pengecasan baterai ponsel nirkabel, juga tombol shift-by-wire. hay/E-6

View Comments

Santos
Rabu 10/4/2019 | 22:57
Need information about hyundai car..
please call me
0812 8801 1616
0856 8085 5305

Submit a Comment