Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments

Desain “Coupe” SUV Baru

Desain “Coupe” SUV Baru

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Setiap merek memiliki bahasa desain sendiri untuk model SUV premium. Merek Eropa menghadirkan bahasa desain coupe, yang sporty dan elegan.

Menambah pilihan pada model SUV (sport Utility vehicle) , BMW meluncurkan all new BMW X4. Mobil ini melengkapi kehadiran seri X, yakni X1, X2, X3, dan X5. Yang berbeda, X4 tampil dengan desain SUV coupe. All new BMW X4 diharapkan bisa bersaing dengan kompetitornya yaitu Mercedes-Benz GLC Class, Audi Q5, dan Range Rover Evoque. Setelah debutnya di New York International Auto Show pada 2014, X4 telah terjual sebanyak 200.000 unit di dunia. Dengan banderol 1,459 miliar rupiah sebelum pajak, mobil ini diharapkan mampu merebut hari konsumen papan atas di tanah air.

“Pada segmen kendaraan premium Sports Activity Coupe mid-range, BMW adalah pelopor yang menggabungkan perpaduan karakteristik antara fitur sebuah BMW X dengan keanggunan coupe,” ujar President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. Dengan desain yang unik, SUV ini diklaim menjadi trend setter sebagai SUV dengan konsep coupe. Garis desainnya yang tegas dan proporsi yang dinamis, menggunakan bahasa desain yang menawarkan keanggunan dan gaya sporty khas coupe. Ini terlihat pada kap mesin yang panjang dan atap yang menurun pada ekor.

Dibandingkan pendahulunya, All-new BMW X4 kini hadir dengan proporsi lebih dinamis berupa penambahan pada setiap dimensinya. Panjang bodi, jarak sumbu roda, lebar bodi, bertambah ukurannya. Hanya tingginya yang dipangkas 3 milimeter agar lebih aerodinamis dan stabil.

Remesh menambahkan, Model M Sport X yang baru, dirancang guna mempertegas tampilan sporty off-road, berkat aksen styling Frozen Grey, sebuah warna yang dekat dengan dunia balap reli. Pada intake udara depan, side skirts dan diffuserbelakang yang semuanya didesain secara individual agar telihat eksklusif. Dari sisi interior memiliki kabin dengan nuansa modern dan elegan. Panel instrumen ditata secara ergonomis, serta posisi tempat duduk yang tinggi tipikal BMW X, yang memungkinkan pengemudi melihat jalan di depan dengan lebih jelas.

All-new BMW X4 dilengkapi dengan trim terbaru, M Sport X, yang terinspirasi dari dunia reli, dilengkapi BMW M leather steering wheel, kursi sports, BMW Individual headliner Anthracite, dan strip trim interior eksklusif. Terdapat control display berupa monitor beresolusi tinggi yang dilengkapi dengan navigation system professional dan berukuran 10.25 inci, termasuk layar sentuh.

Dengan mesin BMW X4 xDrive30i M Sport X, berkubikasi 2.0 liter, empat silinder, transmisinya menggunakan jenis Steptronic delapanpercepatan.

Dilengkapi dengan TwinPower Turbo dalam All-new BMW X4 xDrive30i terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection, VALVETRONIC fully-variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control. X4 memungkinkan akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6.3 detik. Konsumsi bahan bakarnya antara 7.3 - 7.2 liter per 100 km, dengan emisi CO2 168 - 164 gram per km.

Akselerasi kini cukup responsif berkat pengurangan bobot sebesar 50 kg. Di Asia Tenggara, X4 telah meluncur di pasar Thailand. Namun demikian salah satu kekuarangan X4 versi Indonesia adalah hilangnya fitur driver assistance.

Alasannya jika fitur dipasang dinilai tidak berguna dan hanya membebani konsumen dari sisi harga. “Fitur driver assistance di sini infrastruktur tidak tersedia. Fitur ini tidak akan bisa digunakan karena tidak adanya infrastruktur yang mendukung,” ujar Vice Presiden of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O’tania. Untuk mereka yang menyukai varian lebih tinggi, BMW X4 dihadirkan dengan varian M Sport X seperti juga dimiliki pada model BMW X2.

Singkatan dari motor sport M merupakan varian yang memiliki identitas dengan karakter berbeda dari sisi tenaga, transmisi, suspensi, dan aerodinamika. Pada suspensi untuk varian M Sport misalnya diatur elektronik buat mengurangi gejala body roll. Pada kemudinya dilengkapi dengan fitur variable sport untuk memudahkan berkendara pada kecepatan tinggi. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment