Koran Jakarta | November 20 2018
No Comments
Pemilu 2019

Damai Tanpa Hoax dan Isu SARA

Damai Tanpa Hoax dan Isu SARA

Foto : koran jakarta /m fachri
Lepas Merpati - Pasangan Capres- Cawapres Joko Widodo-Maaruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melepaskan merpati saat Deklarasi Kampanye Damai di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Seluruh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mulai dari dua pasangan calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres), pimpinan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, perwakilan calon anggota DPR, DPRD, dan DPD RI mendeklarasikan kampanye damai.

“Tema yang diangkat adalah kampanye anti-SARA (suku, agama, ras, antargolongan) dan anti-hoax untuk menjadikan pemilih berdaulat agar negara kuat,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, saat mendeklarasikan kampanye damai di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9).

Kegiatan deklarasi kampanye juga berlangsung di seluruh Indonesia. Deklarasi kampanye damai terdiri atas tiga poin, yakni pertama, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Kedua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Sementara itu, capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto tampak akrab dan berkali- kali tertawa bareng saat menghadiri Deklarasi Pemilu Damai. Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat Bali.

Sarung dan udeng oranye melengkapi jas hitam yang dikenakan capres petahana itu. Sedangkan Prabowo mengenakan pakaian adat Jawa. Pilihannya adalah beskap cokelat muda lengkap dengan belangkonnya.

Cawapres KH Ma’ruf Amin yang menjadi pendamping Jokowi tampak berjas abu-abu dan bersarung. Sedangkan Sandiaga sebagai cawapres pendamping Prabowo mengenakan pakaian adat Melayu.

Usai deklarasi, Prabowo dan Jokowi terlihat berpelukan di hadapan para simpatisan dan pimpinan partai pengusung masing-masing. Kemesraan tak berhenti di situ. Jokowi- Ma’ruf dan Prabowo-Sandi terlihat bergandengan tangan saat menuruni panggung.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, menyatakan sikap teladan yang ditunjukkan oleh seluruh peserta Pemilu 2019 melalui deklarasi kampanye damai dapat menginspirasi masyarakat. rag/fdl/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment