Daging Kurban di Kemendagri Disalurkan ke Korban Banjir Luwu | Koran Jakarta
Koran Jakarta | August 13 2020
No Comments

Daging Kurban di Kemendagri Disalurkan ke Korban Banjir Luwu

Daging Kurban di Kemendagri Disalurkan ke Korban Banjir Luwu

Foto : ANTARA/HO/FTI UMI
Ilustrasi dampak banjir di Luwu. Material kayu yang terbawa banjir bandang menumpuk dan mengganggu akses jalan di Luwu Utara.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Daging hewan kurban di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagian akan didistribusikan kepada masyarakat yang jadi korban banjir di Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Sebagian lagi untuk panti asuhan, pesantren, serta mustahiq yang memerlukan.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Qurban Idul Adha Kemendagri yang juga Direktur Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (2/8).

Menurut Bahtiar, meski ada wabah Covid-19, jumlah sumbangan hewan korban di Kemendagri mengalami  kenaikan. Untuk tahun ini, rumah penyembelihan hewan yang digandeng Kemendagri adalah RPH Sumber Rezeki. Mereka yang akan melakukan proses  penyembelihan sampai dengan pendistribusian daging hewan kurban,  khusus untuk mustahiq eksternal misalnya disalurkan ke yayasan maupun masjid yang sudah ditetapkan oleh masing-masing komponen sesuai dengan penerima hewan kurban.

“Alhamdulillah pada tahun ini di tengah pandemi Covid-19 yang kita hadapi justru jumlah sumbangan Idul qurban di lingkungan Kemendagri dan BNPP bertambah. Naik 32 persen  yang pada tahun sebelumnya sumbangan yang terkumpul berjumlah 46 ekor sapi,  tahun ini menjadi 58 ekor sapi. Pada tahun sebelumnya 25 ekor kambing pada tahun ini 47 ekor kambing," katanya.

Bahtiar mengatakan adapun penerima atau mustahiq yang terdata menerima daging kurban, mustahiq internal pada masing-masing komponen, tenaga pengaman Pamdal, clening service, tenaga pengemudi dan pengurus masjid An Nur, kemudian yang kedua adalah Pondok Pesantren Nur Salam, pesantren di Cikarang, 4 yayasan dan masjid. “Masyarakat kurang mampu Desa Blukbuk Kecamatn Kronjo, Kabupaten Tangerang, 7 yatim piatu,  Masjid Al Muhajirin di Cempaka, Bekasi.

“Kami atas nama panitia penyelenggara menghaturkan banyak terima kasih atas kontribusi dan partisipasi yang telah diberikan serta keiklasan seluruh komponen dan ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP," katanya. ags/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment