Koran Jakarta | July 18 2019
No Comments

Cuaca Panas Jadi Tantangan di GP Spanyol

Cuaca Panas Jadi Tantangan di GP Spanyol

Foto : AFP/ JEAN-FRANCOIS MONIER
A   A   A   Pengaturan Font

CATALUNYA - Dua pekan lalu, Sirkuit Mugello menjadi saksi dominasi Ducati se­lama tiga tahun terakhir di sirkuit kandang mereka tersebut. Akhir pekan ini, tim asal Italia itu akan berharap mampu menerus­kan tren positif mereka di seri ketujuh balapan MotoGP musim ini di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Na­mun, cuaca panas bakal jadi tantangan be­sar bagi pembalap.

Tahun lalu Ducati juara di Barcelona lewat pebalap tuan rumah Jorge Lorenzo yang mampu meredam rival senegaranya, pembalap Repsol Honda Marc Marquez se­kaligus menciptakan rekor baru di trek yang memiliki aspal baru itu.

Kabar baik untuk Ducati adalah, Sirkuit Catalunya bukan lah ladang perburuan terbaik Marquez selaku pemuncak klase­men sementara. Pembalap asal Spanyol itu tercatat baru satu kali menang di Catalunya yaitu pada 2014.

Di MotoGP Spanyol ini Michelin akan membawa ban kompon lunak, medium dan keras ke Catalunya. Untuk mengan­tisipasi cuaca buruk di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Michelin membawa ban basah depan berkompon lunak dan medium. Ban belakang juga akan dalam kompon lunak dan medium tapi memiliki desain asimetris keras di sisi kanan.

“Ini adalah salah satu trek yang memberi ujian menyeluruh kepada ban dan motor dan karena sirkuit ini telah menjadi salah satu arena tes penting di kalender, juga salah satu balapan terbaik,” ungkap manajer roda dua Michelin Motorsports Piero Tara­masso kepada MotoGP.com.

Seperti yang dikatakan oleh Silvano Gai­busera, kepala mekanik Yamaha Factory Racing untuk Valentino Rossi, masalah uta­ma di Catalunya adalah kondisi yang sangat panas sehingga ban bekerja sedikit buruk dengan banyak spin dan berkurangnya trak­si. Balapan GP Catalan pada Minggu (16/6) nanti juga akan menjadi momen selebrasi 70 tahun balapan Grand Prix sepeda motor, yang mana Grand Prix pertama lahir pada 13 Juni 1949 di sebuah Isle of Man, suatu pulau yang terletak di perairan Irlandia dan Inggris. Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment