Koran Jakarta | July 18 2019
No Comments

Chile Atasi Jepang

Chile Atasi Jepang

Foto : AFP/MIGUEL SCHINCARIOL
A   A   A   Pengaturan Font

SAO PAULO – Chile memulai upaya mereka mempertahankan gelar Copa America dengan kemenangan 4-0 atas tim undangan, Jepang, Selasa (18/6). Pada laga itu pemain Manchester United Alexis Sanchez mencetak gol untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir.

Juara Copa 2015 dan 2016 membuka keunggulan di akhir babak pertama lewat sundulan gelandang Erick Pulgar.

Striker Eduardo Vargas kemudian melanjutkan konsistensinya yang luar biasa untuk negaranya dengan mencetak gol di turnamen besar keempat berturut-turut dan menggandakan keunggulan Chile pada menit ke-54.

Sanchez membuat skor menjadi 3-0 dengan sundulan dari jarak dekat di menit ke-82. Pencetak gol terbanyak Chile sepanjang masa itu mengepalkan tangannya ke udara dengan gembira setelah menjalani musim yang membuat frustrasi bersama MU ditambah dengan cedera lutut yang dideritanya pada bulan Maret lalu.

Semenit kemudian Sanchez memberikan umpan bagi Vargas untuk mencetak gol lagi. Sebuah chip berkelas membuat Vargas menjadi pencetak gol terbanyak Chile di Copa America (12 gol) dan menggantikan Marcelo Salas sebagai pencetak gol terbanyak kedua negara itu di belakang Sanchez.

Sanchez mengatakan dia telah melalui salah satu periode terburuk dalam kariernya baru-baru ini. “Selama enam pekan saya merasa lebih buruk daripada yang pernah saya alami sebelumnya,” ujarnya. “Saya berjuang di babak pertama karena saya merasa tertahan tetapi di babak kedua saya lebih santai dan bermain dengan lebih banyak kebebasan,” sambungnya.

Kemenangan itu menempatkan Chile bersama di puncak Grup C dengan Uruguay, yang menang 4-0 atas Ekuador pada laga sebelumnya.

Jepang, salah satu dari dua tim tamu di turnamen Amerika Selatan bersama Qatar, menurunkan tim yang sebagian besar masih muda dan belum berpengalaman. “Samurai Biru” menunjukkan bahwa mereka menggunakan turnamen sebagai ajang uji coba bagi para pemain menjelang Olimpiade tahun depan di Tokyo.

Striker Ayase Ueda melewatkan peluang besar untuk menyamakan kedudukan di babak pertama. Sementara pemain baru Real Madrid Takefusa Kubo kehilangan target di akhir pertandingan ketika gawang telah terbuka.

Chile dianggap tidak menjadi tim favorit untuk memenangkan turnamen setelah penurunan performa yang menyebabkan mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Tetapi Sanchez mengatakan mereka sekarang berada di jalur yang benar. “Saya pikir kami telah meningkat sebagai tim sejak 2015 dalam mempertahankan diri dan menyerang dengan cepat,” jelasnya.

“Kami telah memenangkan pertandingan yang sangat sulit dan sekarang kami harus memikirkan yang berikutnya,” sambungnya.

Dalam pertandingan berikutnya, Chile akan bertemu Ekuador pada hari Jumat setelah Jepang menghadapi Uruguay pada hari Kamis.  ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment