Koran Jakarta | July 17 2019
No Comments

Cermat Memilih Minuman Sehat

Cermat Memilih Minuman Sehat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah dimasuki penyakit, perlu rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah Yogurt.

Bagi masyarakat modern yang dituntut untuk aktivitas maksimal, seringkali tidak memerhatikan kondisi tubuh setelah seharian melakukan aneka kegiatan. Belum lagi dengan polusi udara yang banyak berpengaruh terhadap kekebalan daya tubuh, turut berperan bagi rentan dan mudahnya penyakit masuk.

Salah satu upaya agar tubuh terus dan tetap fit serta tidak mudah dimasuki penyakit adalah dengan cara rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang bermanfaat bagi tubuh seperti Yogurt.

Menurut Martin Natadipraja, seorang food consultant yang juga ahli nutrisi, kandungan dalam yogurt yang terdiri dari bakteri lactobascillus. Bakteri inimemiliki peran penting dalam turut menjaga nutrisi tubuh sehingga kebal terhadap berbagai penyakit.

Selain itu, bakteri lactobascillus kini sudah berkembang sehingga tak lagi identik dengan rasa asam, tapi bisa dikombinasikan rasanya dengan apa pun. “Bakteri yogurt yang lebih manis, jadi gak tabrakan dengan campuran rasa lain seperti kopi misalnya,” ujar Martin.

Yogurt juga cocok untuk kaum urban yang sangat sibuk dalam berbagai kegiatan. Selain itu, yogurt memiliki banyak manfaat termasuk meredam penyebaran bakteri penyebab bau mulut.

Jika melirik pada nilai gizinya, meski dibuat beraneka rasa, yoghurt tetap menghasilkan nilai kesehatan yang tinggi. Martin mengatakan bahwa nilai gizi dari segelas yoghurt tetap terjaga. “Karena rasa manis bukan dari banyaknya gula, tetapi bakteri baik yang dipilih sudah dominan manis,” imbuhnya.

Sementara, ahli gizi, Emilia E Achmadi, MS, RD, menyebutkan bahwa yoghurt merupakan menu sehat yang baik untuk pencernaan. Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, yogurt juga memberi khasiat kecantikan mulai dari melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mati, hingga menyehatkan rambut.

Emilia merinci beberapa manfaat dari yogurt. Antara lain adalah dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2. Kedua, kandungan probiotiknya melindungi tubuh dari bahaya logam berat yang terdapat dalam polusi udara. Ketiga, asam laktat di dalam yoghurt berfungsi sebagai agen eksfoliasi kulit.

Yogurt juga berperan sebagai Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati membantu untuk meremajakan kulit. Selain mengatasi kulit kusam, yogurt juga menjaga kelembutan dan elastisitas kulit.

Kandungan protein di dalamnya mendorong produksi kolagen, yang berpengaruh pada elastisitas kulit. “Nah yang terakhir dari manfaat yoghurt adalah untuk kesehatan kulit dan rambut atau (Depositphotos),” kata Emilia.

Emilia menyebutkan, jika rambut mengalami kerontokan tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi yogurt dan menggunakannya sebagai masker rambut 10 menit sebelum keramas. Kandungan asam laktat dalam yogurt membantu untuk eksfoliasi dan mengangkat residu di kulit kepala. Sementara kandungan vitaminnya mencegah dan mengatasi beragam masalah rambut.

Minuman Praktis

Direktur Utama PT. Prima Lakto Sehat (produsen minuman sehat yogurt, Yoforia) Iwan Santoso, menyebutkan, saat ini memang sangat bagi masyarakat urban untuk mengonsumsi 2 sampai 3 porsi yogurt dalam sehari. Yogurt juga dapat dijadikan sebagai teman sarapan, makan siang, atau sesudah makan malam.

Prima Lakto Sehat sendiri memproduksi minuman yoghurt dengan brand Yoforia. Berdiri sejak 2016, Yoforia memiliki rasa-rasa menarik seperti Coffe Cream, Berry Smooth, dan Peach Delight. Dimana semua rasa punya keunikan masing-masing. Tidak terlalu asam di lidah, tekstur yang pas, dan aman di lambung.

Banyak kandungan manfaat dan gizi dari segelas yogurt seperti salah satunya adalah fakta bahwa di setiap tubuh manusia terdapat miliaran mikroba yang tersebar pada seluruh tubuh, dan ratusan jumlahnya berada di dalam mulut. Mikroba yang berupa bakteri jahat itulah yang menyebabkan bau mulut terjadi. yun/E-6

Menyegarkan, Cocok Dikonsumsi saat Puasa

Untuk memperoleh manfaat optimal dari yogurt, termasuk meredam penyebaran bakteri penyebab bau mulut, dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt lebih dari satu kali dalam sehari, terlebih menyambut bulan puasa yang akan datang awal bulan depan.

Yoghurt tidak hanya membuat tubuh lebih segar juga bisa meredam aroma mulut. Menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal dua minggu lagi, yogurt baik untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Selain ringan di lambung (ter­kecuali untuk penderita lambung akut) yogurt dapat dinikmati oleh semua kalangan bahkan bagi orang yang mempunyai sedikit masalah lambung.

Salah satu informasi yang perlu diketahui adalah mengenai pentingnya memilih bahan baku yang segar atau fresh dalam pembuatan yoghurt.

Produk yang sehat terbuat dari susu segar yang difermentasi. Kelebihan dari produk yoghurt yang sehat adalah adalah masih kaya akan probiotik baik yang hidup hingga dikonsumsi atau diminum. yun/E-6

Enak dan Tekstur Rasa yang Khas

Yogurt punya tekstur creamy dan rasa asam yang khas. Semakin berlemak maka semakin memperkaya rasa masakan. Selain itu, menambahkan yogurt dalam masakan juga dapat menambah rasa sekaligus tekstur. Ibarat menyatukan susu full-cream dengan lemon. Pasti enak.

Untuk menjadikan yogurt sebagai bahan pencampur da­lam masakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya, pertama, yakni perbandingan antara yogurt dan bahan masakan.

Prinsip memasak dengan yogurt sama seperti baking, ukurlah dengan tepat untuk hasil masakan yang enak. Ka­lau terlalu banyak, rasa asam yogurt akan mendominasi masakan, sedangkan terlalu sedikit bisa menenggelamkan rasa yogurt itu sendiri.

Pakailah rasio 1:1 untuk yogurt dengan bahan pedas atau menyengat. Misalnya mau buat bebek saus kari dengan yogurt, berarti campurkan 3 sendok yogurt untuk 3 sendok bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan bahan-bahan lain yang bisa dilihat di sini.

Kedua, seberapa encer yogurt yang diperlukan?

Plain yogurt bertekstur kental dan sulit menyatu ke­tika dimasak. Oleh karena itu, penting untuk mengencer­kannya dulu agar mudah bercampur.

Caranya, campurkan yogurt dengan air hangat dan minyak zaitun (extra virgin atau virgin) secukupnya. Aduk hingga merata dan voila! Siap untuk digunakan dalam masakan.

Untuk mempertahankan konsistensi cairan kental, pakailah putih telur yang dikocok kaku secukupnya dan campurkan dengan yogurt. Aduk merata dan panaskan di atas api kecil selama kurang lebih 3 menit. Setelah benar-benar menyatu, yogurt siap dicampurkan dalam saus yang sedang dimasak.

Ketiga, masukkan yogurt di saat terakhir sebelum diangkat. Seperti halnya santan, yogurt punya pengaturan khusus di atas wajan. Kalau suhunya panas atau bahkan mendidih, yogurt dapat rusak, berminyak, pecah, dan kehilangan bakteri pembuat rasa asamnya.

Oleh karena itu, cam­purkan yogurt di saat-saat terakhir sebelum mematikan kompor. Nah saat yogurt su­dah masuk dalam masakan, kecilkan api dan jangan ter­lalu sering diaduk agar yogurt tidak terlalu encer. yun/E-6

Kreasi dengan Yogurt: Pad-Thai

Bahan:

- 2/3 cup plain yogurt
- 1/4 cup mentimun (cincang)
- 1 wortel ukuran sedang (parut)
- 1 sdm kacang panggang
- 1 genggam daun ketumbar
- jeruk nipis


Cara membuat:
1. Tuang yogurt ke dalam mangkuk lalu taburkan mentimun dan wortel.
2. Tambahkan kacang dan daun ketumbar.
3. Tambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis di atasnya.

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment