Koran Jakarta | May 27 2019
No Comments

Cerdas dan Sukses dengan Puasa

Cerdas dan Sukses dengan Puasa
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Cerdas Intelektual dan Spiritual dengan Mukjizat Puasa

Penulis : Ustadz Yazid al-Busthomi, Lc

Penerbit : Diva Press

Cetakan : April 2015

Tebal : 204 halaman

ISBN : 978-602-0806-05-1

Puasa merupakan amalan yang sudah tidak asing lagi bagi kaum muslim. Ada puasa yang diwajib­kan. Ada pula puasa yang disunahkan. Namun, pada hakikatnya siapa saja yang berpuasa akan mendapat pahala seperti di bulan Ramadan sekarang.

Di bulan Ramadan ini, orang mus­lim diwajibkan mengerjakan puasa agara mendapat berkah yang hakiki dan menambah pahala seseorang. Dari itu pula, seseorang akan mendapat spirit yang dapat menumbuhkan kecer­dasan otak. Itulah salah satu penting­nya berpuasa.

Masih banyak lagi manfaat ber­puasa yang merupakan jalan pintas untuk menempuh kehidupan indah. Kehidupan yang dapat membuat se­seorang berhasil dalam berkompetisi atau menempuh mimpinya.

Bagi mereka yang berpuasa akan mendapat keuntungan serta ke­ajaiban yang tidak terduga, seperti yang di alami Nor Arifin, mahasiswa jurusan Teknik Industri, Universitas Indonesia. Dia merasa kebingungan dengan bebe­rapa materi yang diajarkan dalam kelas, sehingga nilai ujiannya rendah. Pada suatu ketika, dia membiasakan puasa sunah. Dengan kebiasaannya berpuasa sunah, Arifin mampu menyesuaikan materi yang diajarkan dosen (hal 27).

Ini sama halnya yang dialami Sari Amaliah, mahasiswi jurusan Fisika, Universitas Indonesia tersebut meng­injak semester 12, namun kesulitan dalam mengerjakan skripsi. Rasa takut, gelisah, serta putus asa menghantui. “Hingga pada suatu ketika, dia disa­rankan temannya untuk senantiasa berpuasa Senin dan Kamis. Setelah berpuasa Senin dan Kamis, akhirnya Sari mampu menyelesaikan kuliahnya” (hal 7).

Inilah buah yang dianugerahkan Allah dengan perantara puasa. Dengan berpuasa, seseorang akan mendapat mukjizat yang luar biasa. Seseorang akan mendapat kecerdasan yang secara tidak terduga. Sebuah keajaiban yang dapat memudahkan seseorang dalam mencapai impian.

Sejalan dengan itu, buku ini menjadi gambaran bahwa kesuksesan tidak da­pat dicapai dengan usaha saja, melain­kan membutuhkan amalan-amalan yang dapat menjadi pendorong suatu keberhasilan seseorang. Dengan ada­nya usaha dan amalan, seseorang akan mendapat kecerdasan dan dengan kecerdasan inilah seseorang mampu merangkai mimpinya hingga berhasil.

Buku Cerdas Intelektual dan Spiri­tual dengan Mukjizat Puasa memberi pemahaman tentang pentingnya nilai spiritual, khususnya dalam urusan berpuasa. Hal ini diyakini di dalamnya mendapatkan berkah tersendiri bagi mereka yang mau mengerjakannya. Untuk itu, sudah seharusnya buku ini berada dalam genggaman setiap mus­lim, agar memahami pentingnya nilai spiritual dan bagaimana cara menga­malkannya.

Selaras dengan itu, pembaca juga akan bisa memahami pentingnya kecerdasan intelektual. Dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti, pembaca akan mengerti isi dalam kandungan berpuasa. Dan sudah se­mestinya buku ini menjadi bahan ajar bagi setiap orang, terkhusus di bulan Ramadan sekarang ini, agar berkesan dan menenangkan. Diresensi Sudiyantoro, Pelajar SMAN I Lasem, Rembang, Jateng

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment