Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments

Cepat dan Kuat, Inovasi Bangunan Berstruktur Baja

Cepat dan Kuat, Inovasi Bangunan Berstruktur Baja

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Teknik membuat bangunan rumah atau Ruko (rumah toko) kian modern. Membangun rumah tipe sederhana hingga premium dan ruko kian praktis dan efisien dengan tetap mengandalkan kekuatan struktur bangunan. Konsep modern bangunan rumah dan Ruko yang cepat dan kuat itu antara lain melalui sistem Domus. Adalah PT. Tatalogam Lestari yang memperkenalkan inovasi baru, DOMUS.

Konsep ini populer dengan tagline “Bikin Rumah Hanya 5 Hari”. Menurut Stephanus Koeswandi, Vice President PT Tatalogam Lestari, dengan System DOMUS baru ini, masyarakat bisa membangun Ruko, Gudang, Pabrik, Sekolah, Pasar dan berbagai bangunan lain dengan cepat, kuat dan aman.

Dengan material utama yang digunakan adalah PURLIN dan PRAKTIS, yang merupakan produk PT Tatalogam Lestari. Purlin adalah profil baja galvanis dengan bentuk kanal C, mempunyai ukuran dan ketebalan tertentu. Berbahan baku baja Hiten G450 & Z18/ Z22 yang lebih kuat dari CNP baja konvensional, memberikan jaminan keawetan dalam jangka panjang, baik untuk pemasangan outdoor maupun indoor. “Purlin cocok untuk aplikasi bangunan sebagai gording maupun Girts (dudukan Cladding).

Sedangkan Praktis, berfungsi untuk membentuk kolom praktis pada bangunan yang tidak memerlukan perakitan besi beton, bekisting maupun pengecoran,” terang Stevanus di sela pameran Indobuildtech ke 16, yang berlangsung dari 2-6 Mei 2018 di ICE BSD City, Tangerang – Indonesia.

Praktis berbahan baku galvanis sehingga dijamin tahan terhadap air adukan semen. General Manager Produk Development PT Tatalogam Lestari, Harsono Mintono melanjutkan, dengan teknologi PURLIN, bangunanbangunan besar seperti ruko, gudang, pabrik, sekolah, cafe hingga pasar dapat dibangun dengan cepat, kuat dan aman. “Inovasi kami ini bisa membuat bangunan sampai dengan 30 meter tanpa kolom tengah. Berbahan baku pure baja dengan ketebalan 3 mm, produk terbaru kami ini sangat cocok untuk membangun pasar, sekolah atau cafe,” kata Harsono.

Bangunan yang besar ini juga bisa dibongkar pasang, bahkan menurut Harsono, produk ini juga bisa dibangun sampai 3 lantai, sesuai kapasitas dan fungsinya. “Bisa dibilang produk ini portable, karena bisa dibongkar pasang dan pengerjaannya pun menghemat waktu, dengan pengerjaan hanya satu bulan saja” jelas Harsono.

Tatalogam juga dikenal dengan produk TASO. Sukses yang diraih TASO sehingga menjadi primadona-nya baja ringan di Indonesia tentu saja tak lepas dari kualitas produknya yang telah teruji. TASO diproduksi oleh pabrik yang telah memiliki sistem kerja berstandar internasional dengan sertifikasi ISO sejak tahun 2003 sehingga TASO selalu terjamin kualitasnya karena telah melalui quality control yang ketat. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment