Koran Jakarta | October 20 2018
1 Comment
JENAK

CCTV dan Ganjil-Genap

CCTV dan Ganjil-Genap

Foto : KORAN JAKARTA/ONES
A   A   A   Pengaturan Font

Di kompleks perumahan dekat perumahan saya, di jalan masuk ada spanduk gede. Terbaca: Kompleks ini dilengkapi CCTV. Jangan main-main. Sementara di ujung jalan yang lain di tempat yang sedang dibangun ruko, juga ada pengumuman: Peringatan. Daerah ini dilengkapi dengan CCTV.

Pembuang sampah sembarangan akan tertangkap tangan. CCTV, close circuit television, televisi sirkuit tertutup, adalah menggunakan sinyal tertutup— dibandingkan dengan yang siaran terbuka. Melalui CCTV bisa diketahui siatuasi atau lokasi yang tertentu. Sehingga bisa diawasi kaitan dengan keselamatan, atau keamanan.

Itu sebabnya kejahatan atau kriminalitas bisa direkam dengan CCTV dan menjadi bukti kejahatan. Namun, spanduk dan tulisan pengumuman dengan penggunaan CCTV itu lebih bersifat peringatan. Yang pertama mengingatkan “calon penjahat” agar tidak macam-macam. Yang kedua mengingatkan pembuang sampah jangan membuang di wilayah yang disorot kamera tersembunyi.

Ada yang paradoksal, bertentangan, atau katakanlah ganjil dalam hal ini. CCTV digunakan untuk mengawasi, dan bahkan letaknya tersembunyi, tapi justru dipertontonkan, atau diberitahukan keberadaannya. Sama ganjilnya kini mendengar bahwa di jalan tol akan diberlakukan pengaturan ganjil-genap.

Artinya, plat nomor kendaraan yang ganjil—angka belakang 1,3,5,7,9 boleh melewati dan nomor genap tidak boleh, sesuai dengan tanggal. Artinya, seseorang yang memiliki mobil dan harus melalui jalan yang ditetapkan dengan aturan “ganjil-genap”, harus memiliki dua mobil agar bisa aman. Atau—ini sampingan yang buruk— mengubah nomor.

Membuat nomor palsu yang dipakai sesuai dengan genap-ganjil tanggal berlaku. Di jalanan, hal-hal yang paradoksal terus berlangsung, dan agaknya pengguna jalan dianggap memaklumi. Atau dipaksa maklum. Misalnya, arus contra flow, melawan arus yang diperbolehkan. Sungguh membingungkan.

Misalnya dari arah Tangerang ke jurusan Tomang. Di arus balik , justru satu jalur dianjurkan untuk dilewati melawan arah. Menjadi kontras dan ganjil, manakala di jalan macet yang lain, melawan arah dimusuhi beramai-ramai— walau masih terjadi, Ada dua tata krama dan juga tata nilai yang berlawanan, tapi bisa diperlakukan.

Sampai di sini kekacauan pikir bisa terjadi. Salah bisa menjadi benar, dan juga sebaliknya. Dan itu terjadi setiap hari, setiap kali kita melewati jalanan tertentu. Lama-kelamaan yang terserap adalah bahwa benar bisa salah. Tergantung keadaan atau tanggal atau cuaca atau suka-suka siapa.

Contoh sederhana adalah lajur paling kiri, yang semestinya kosong, kecuali untuk keperluan darurat. Tapi bisa juga dilewati kendaraan dengan sirene. Yang menjadi ganjil adalah karena kendaraan lain yang mengikuti di belakangnya bisa ditilang karena melanggar lalu lintas. Atau pemandangan ganjil yang mencolok: pada jalur busway dipasangi palang dan dijagai.

Kesan selintas: begitu burukkah perilaku kita di jalanan, sehingga jalur khusus harus dibuatkan palang penghalang dan dijagai petugas berseragam? Mungkin sekali itu kenyataan. Tanpa palang melintang, tetap saja ada yang melewati— kalaupun harus kena tilang. Kalaupun sudah ada palang, tetap harus dijagai secara fisik, karena…. Mungkin sekali ini bukan pemandangan yang baik atau mendidik.

Seperti juga razia dana yang menerobos, atau terjadi “bisik-bisik”, atau berbagai pelanggaran yang terang-terangan dilakukan “pak ogah”, yang muncul karena kondisi jalanan yang semrawut. Dan untuk mengetahui hal ini memerlukan CCTV, karena masih jelas terlihat.

Bahaya terbesarnya adalah jika hal yang bersifat paradoksal, yang ganjil ini dianggap biasa, sebagaimana penggunaan angka genap-ganjil di jalan tol, sebagaimana penyelesaian-penyelesaian yang menabrak akal sehat. Saya ingin mengingatkan diri sebelum menjalani.

View Comments

REBECCA ELLISOR
Kamis 26/4/2018 | 06:42
Halo.
Saya Miss Rebecca Ellisor pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda memerlukan pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak perlu mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (choosenloanfirms@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

Submit a Comment