Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments

Cara Tepat Memilih Keramik Berkualitas

Cara Tepat Memilih Keramik Berkualitas

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Memilih keramik untuk interior maupun eksterior tidak sekadar hanya melihat corak, warna maupun motif. Keresapan air menjadi pertimbangan pada sebuah keramik. Supaya warna maupun motifnya tidak pudar.

Keramik yang memiliki keresapan air tinggi menjadikan keramik lebih awet dari siraman air maupun terpaan benda lainnya. “Keramik dengan keresapan air tinggi dapat digunakan di indoor maupun out door,” ujar Angelica Lie, Direktur Utama Essenza yang ditemui dalam pemukaan showroom Essenza di Jakarta.

Keresapan air yang tinggi menjadikan keramik tidak mudah pudar saat terkena air. Pasalnya, keramik yang terpasang di luar ruangan akan rentan terkena air hujan pada saat musim penghujan.

Di sisi lain, keramik yang dipasang di dalam rumah dapat rentan ketumpahan minuman. Keramik yang memiliki keresapan air yang tinggi, seperti mencapai 0,05, menjadikan keramik tidak mudah pudar saat terkena air. “Kalaupun kotor tinggal pakai lap basah,” ujar dia.

Angelica mengatakan bahwa industri keramik di dalam negeri tidak kalah dengan buatan luar negeri. Bahkan dengan produk China, produk keramik di dalam negeri masih unggul.

Di samping itu, produsen keramik di dalam negeri belum terlalu banyak, Essenza mencatat ada tiga produsen yang menjadi kopetitor sebanding, salah satunya Indogress.

Raja Sapta Oktohari, Komisaris Utama, PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk, perusahaan induk yang menaungi Essenza mengatakan industri keramik sangat tergantung dengan industri properti. Meski saat ini, industri properti tengah lesu, namun sejumlah group pengembang besar mulai menggeliat dengan pembangunan sejumlah proyek.

Pemerintah yang mencanangkan membangun ibukota baru menjadi satu pasar untuk keramik dalam negeri. Karena, pembangunan gedung akan membutuhkan produk turunan tak terkecuali dengan keramik. “Kami membaca indikasi tersebut,” ujar dia yang tidak menutup kemungkinan akan membuka pabrik di ibukota baru.

Keramik dengan produk high end ini baru saja membuka showroomnya di daerah Megakuningan, Jakarta. Showroom ini nantinya juga akan menjadi area meeting untuk para mitra yang terdiri dari klien, distributor, kontraktor maupun arsitek. din/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment