Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments

Cara Mudah dan Murah Hidup Sehat

Cara Mudah dan Murah Hidup Sehat
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh 

Penulis : Tan Shot Yen dan Hindah Muaris

Tebal : 167 Halaman

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan : 2018

ISBN : 978-602-06-1949-1

Buku ini ditulis sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Selain didesain seperti buku resep makanan yang mudah untuk diaplikasikan, bahan-bahan makanannya pun mudah dijumpai dan mengandung banyak khasiat kesehatan. Memang tidak banyak pakar kesehatan yang membuat formulasi panduan resep makanan kesehatan. Maka, buku ini sangat bermanfaat sebagai panduan dalam kehidupan dengan makanan sehat.

Saat ini banyak penyakit berawal dari makanan. Ini bisa dari makanan yang kurang sehat maupun cara memasaknya yang kurang tepat. Buku ini menceritakan ada makanan yang baik seperti buah dan sayuran. Namun ketika salah memasak, mereka berubah menjadi tidak bermanfaat, bahkan menimbulkan penyakit.

Kemunculan restoran, angkringan, atau warung kaki lima dilatari paham manusia itu mempunyai sifat lapar. Tambah lagi, jajanan saat ini begitu bervariasi dengan harga terjangkau. Apalagi makanan instan, selain mudah didapatkan, juga mudah disajikan. Sehingga orang-orang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk membuat masakan sendiri akan menjadikan hal itu sebagai pilihan gaya hidupnya.

Ada saatnya orang harus menyadari, kesehatan itu mahal. Dengan menjaga kesehatan, tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat. Padahal menjaga kesehatan mudah dan murah. Sumbangsih makanan kesehatan sangat besar. Makanan yang akan dikonsumsi harus menjadi prioritas.

Tan Shot Yen adalah seorang dokter yang sangat paham dunia kesehatan. Dia menyajikan banyak resep menggunakan bahan-bahan makanan yang mudah ditemui seperti sayuran, buah-buahan, dan bahan bumbu. Orang harus pandai melihat makanan dari sisi gizi, kalsium, dan kandungan kesehatan lainnya. Artinya, mengonsumsi makanan jangan hanya melihat merk atau rasa. Enak tapi mengundang penyakit tentu sangat merugikan. Mestinya sehat dan enak agar membahagiakan.

Selanjutnya, Hindah Muaris, seorang kulinolog yang juga penulis buku ini. Dia mahir memadukan sisi kuliner dan teknologi pangan. Dia kreatif dalam menyusun resep makanan yang enak dan menyehatkan. Kolaborasi pakar masakan dan kesehatan ini memberi nilai positif terhadap susunan resep buku ini. Misalnya, resep membuat masakan kari ayam, sambel tempe (tempe penyet), ikan bakar, bayam campur, dan lainnya –yang tersaji dalam 32 resep lalapan segar. Kemudian, resep 40 lauk tanpa minyak goreng dan bahan rafinasi lainnya.

Kelengkapan resep yang tersaji sangat membantu memulai gaya hidup sehat. Hal ini merupakan terobosan tersendiri tentang menjaga kesehatan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sekali lagi, kesehatan sangat ditentukan makanan yang dikonsumsi: kebersihan, kandungan gizi, vitamin, serta cara mengolah.

Buku juga sangat membantu penderita sebagai sarana membantu mengobati lewat ragam makanan yang tersaji dengan kandungan dan khasiat makanan itu sendiri. Ini akan memudahkan untuk memilih atau menghindari makanan yang mempunyai efek terhadap penyakit.

Panjang umur, kesehatan dan kesembuhan dari berbagai penyakit adalah harapan setiap orang. Kesehatan jauh lebih mahal dari apa pun di dunia ini. Salah satu jalannya menjaga pola makan dan jenis makanan. Jika ada yang mudah, murah, dan menyehatkan, mengapa tidak.

Diresensi Rofiqi Suhram, Alumnus Pascasarjana STIE Mahardhika Surabaya

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment