Koran Jakarta | November 19 2019
No Comments

Bursa Transfer Mulai Memanas

Bursa Transfer Mulai Memanas

Foto : FOTO-FOTO: AFP
A   A   A   Pengaturan Font

Neymar, Pogba, Mbappe dan sejumlah bintang lain diyakini akan menjadi “hot deals” dalam bursa transfer kali ini.

PARIS – Bursa transfer musim panas di Eropa diprediksi bakal ramai dengan pergolakan besar akan terjadi pada beberapa klub terbesar di benua biru. Situasi itu bakal terjadi setelah Paris Saint-Germain dilaporkan siap menerima tawaran untuk Neymar. Sementara Paul Pogba secara terbuka menyatakan ingin tantangan baru di luar Manchester United.

Upaya pencarian berkelanjutan PSG untuk meraih sukses di Liga Champions membuat mereka merekrut kembali mantan direktur olahraga Leonardo. Salah satu pekerjaan pertama mantan pemain asal Brasil itu kemungkinan adalah menemukan pembeli untuk rekan senegaranya, Neymar. PSG baru-baru ini terlihat akan menjual pemain tersebut setelah dua tahun merekrutnya dengan rekor transfer dunia 222 juta euro (3,5 triliun rupiah).

Awal pekan ini, harian olahraga L’Equipe melaporkan bahwa PSG tidak akan menghalangi kepergiannya dan menambahkan bahwa Neymar telah melihat masa depannya jauh dari Paris.

Agen Pini Zahavi, yang terlibat dalam kesepakatan memboyong pemain asal Brasil itu ke ibukota Prancis dari Barcelona, dikatakan aktif mencoba membuat kesepakatan untuk membawa pemain itu kembali ke Spanyol.

Waktu dua tahun Neymar di Parc des Princes telah dinodai oleh cedera dan kontoversi. Dia saat ini lagi-lagi dikesampingkan karena masalah cedera pergelangan kaki, sementara juga berurusan dengan tuduhan pemerkosaan.

Presiden PSG Nasser al-Khelaifi muncul untuk memperingatkan Neymar. Investor asal Qatar itu mengatakan bahwa bintang-bintang klub yang dibayar tinggi harus memperbaiki diri atau akan dilepas, dalam sebuah wawancara dengan majalah France Football.

Mungkin Al-Khelaifi juga berbicara tentang Kylian Mbappe. Pemain depan PSG itu bulan lalu memicu spekulasi ketika dia mengisyaratkan mungkin terbuka untuk tantangan baru di tempat lain. Hal itu diungkap Mbappe ketika dia menerima penghargaan pemain terbaik Ligue 1.

Penggemar Real Madrid bahkan meneriakkan nama Mbappe saat pengenalan Eden Hazard pekan lalu, menyusul kepindahan pemain asal Belgia dari Chelsea dengan tranfer 100 juta euro.

Tetapi dengan Real telah menghasilkan sekitar 300 juta euro di pasar transfer, masih harus dilihat apakah mereka sanggup membeli Neymar atau Mbappe. Sementara pelatih Zinedine Zidane diyakini paling bersemangat untuk memboyong rekan senegaranya, Pogba.

Idealnya, MU tentu ingin mempertahankan satu dari sedikit talenta kelas dunia yang mereka miliki. Hal itu bakal dilakukan MU meski penampilan Pogba sering tidak memenuhi harapan sejak direkrut dengan rekor transfer dunianya 89 juta pound (1,7 triliun rupiah) tiga tahun lalu.

MU kemungkinan akan menjual Pogba untuk mendapatkan uang guna membangun tim kembali. Madrid dan Juventus telah dikaitkan, tetapi tidak satu pun yang mendekati harga permintaan yang dilaporkan 150 juta pound.

Pada level Eropa, MU hanya berkompetisi di Liga Europa musim depan. Pembangunan tim kembali diperlukan di Old Trafford untuk bersaing dengan juara Liga Inggris Manchester City dan pemenang Liga Champions Liverpool. Karena itulah Pogba jelas yakin dia bisa melakukan hal yang lebih baik di tempat lain.

Setelah menghabiskan banyak uang untuk memboyong Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku, MU tampaknya tertarik untuk menghindari persaingan merekrut pemain bintang untuk menggantikan Pogba jika dia jadi hengkang.

Bintang Lain

Bursa transfer musim panas ini juga akan dipanaskan oleh beberapa pemain bintang lain. Antoine Griezmann telah mengumumkan niatnya untuk meninggalkan Atletico Madrid dan siap untuk pindah ke Barcelona.

MU juga mengatakan sedikit berminat membawa Gareth Bale kembali ke Liga Premier dari Madrid dan tampaknya akan kalah bersaing dengan PSG untuk mendapatkan klien Raiola lainnya, kapten Ajax Matthijs de Ligt.

Solskjaer sebaliknya telah memprioritaskan rekrutan muda untuk MU. Pemain sayap asal Wales Daniel James yang berusia 21 tahun telah diboyong dari Swansea City. ben/AFP/S-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment