Koran Jakarta | July 19 2019
No Comments

BPJS Kesehatan Gelar Sosialiasi Bersama Penjaminan Kecelakaan Lalu Lintas dengan Korlantas POLRI

BPJS Kesehatan Gelar Sosialiasi Bersama Penjaminan Kecelakaan Lalu Lintas dengan Korlantas POLRI

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Sentul, Kabupaten Bogor (11/07/2019) – Dalam rangka meningkatkan pelayanan  kesehatan khusunya bagi peserta JKN KIS yang mengalami kecalaakan lalu lintas serta menindaklanjuti MOU antara BPJS Kesehatan dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang pemanfaatan data kecelakaan lalu lintas online, BPJS Kesehatan Kepwil Jabodetabek menggelar pertemuan yang dihadiri oleh jajaran Kakorlantas Polri wilayah Jabodetabek, Jasa Raharja, PERSI dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta .

“Banyaknya perubahan regulasi serta inovasi dimana salah satunya adalah dengan telah ditandatanganinya MOU antara BPJS Kesehatan dengan POLRI yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan kecelakaan lalu lintas. Kesamaan persepsi dalam implementasi di lapangan sekaligus mendengarkan masukan dari semua pihak, diharapkan menjadi fondasi terbentuknya kesepahaman bersama semua pihak dalam melaksanakan implementasi peraturan tersebut”, jelas Asisten Deputi Bidang Monitoring dan Evaluasi Kedeputian Wilayah Jabodetabek Nopi Hidayat.

Dengan telah ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan Kepolisian Republik Indonesia tentang Pemanfaatan Data Online Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat, sinergitas antara BPJS Kesehatan dengan Kepolisian Republik Indonesia serta Jasa Raharja menjadi sangat diperlukan. Pada kesempatan ini juga telah ditandatangani komitmen bersama antara Polda Metro Jaya dan BPJS Kesehatan wilayah Jabodetabek, salah satunya terkait penerbitan Laporan Polisi dalam penjaminan kasus kecelakaan lalu lintas bagi Peserta JKN.

Kombespol Agus Suryonugroho selaku Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas POLRI yang hadir membuka acara mengatakan, POLRI memperoleh data jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat setiap tahunnya, data yang besar tersebut Agus harapkan harus valid sebagai dasar evaluasi kinerja serta inovasi kedepannya khususnya dalam rangka pemanfaatan data kecelakaan lalu lintas online sesuai dengan Perjanjian Kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan POLRI. Agus berkomitmen jajarannya akan melakukan verifikasi data kecelakaan lalu lintas setiap mingguan dan bulanan agar pemanfaatan data online dapat digunakan secara optimal.

Data yang diterima dari World Health Organization menunjukan tingginya angka kematian dan kecacatan akibat kecelakaan lalu lintas , sekitar 1,35 juta manusia meninggal dan mengalami kecatatan fisik setiap Tahunnya, hal ini tidak dapat dikesampingkan karena sesuai penelitian, kecelakaan lalu lintas sangat berdampak finansial bagi masyarakat. BPJS Kesehatan sebagai lembaga penyelenggara jaminan sosial kesehatan berkomitmen bersama POLRI dan Jasa Raharja memastikan bahwa negara betul-betul hadir bagi seluruh penduduknya untuk mengatasi permasalahan tersebut. (wb)

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment