Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments

BMW Uji Kendaraan Tanpa Pengemudi di Tiongkok

BMW Uji Kendaraan Tanpa Pengemudi di Tiongkok

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Otoritas di Shanghai diwartakan pada Selasa (15/5) telah mengeluarkan izin bagi perusahaan pembuat mobil mewah asal Jerman, BMW, untuk uji coba mobil tanpa pengemudi di jalanan di kota itu. Pemberian izin itu menjadikan BMW pembuat mobil asing dengan teknologi tanpa pengemudi pertama yang diperbolehkan melakukan uji coba di jalanan di Tiongkok.

“Kami mengeluarkan dua izin (uji coba mobil tanpa pengemudi) bagi sedan BMW 7 Series sejak Senin (14/5) lalu,” demikian pernyataan Komisi Ekonomi dan Teknologi Informasi Shanghai.

Sejak Maret lalu, otoritas di Shanghai itu telah mengeluarkan izin bagi perusahaan pembuat mobil lokal yaitu SAIC dan NIO untuk uji coba kendaraan tanpa pengemudi buatan mereka. Dua mobil lokal itu sudah berhasil menempuh jarak 6 ribu kilometer tanpa insiden.

Bisnis kendaraan dengan teknologi tanpa pengemudi sedang naik daun di Tiongkok. Negara Tirai Bambu itu berkeyakinan bahwa mobil tanpa pengemudi akan jadi kendaraan masa depan. Dua raksasa perusahaan internet Tiongkok yaitu Alibaba dan Baidu, telah menanamkan investasi besar atas teknologi otomotif ini dan memprediksi dalam 3-5 tahun mendatang, akan banyak mobil tanpa pengemudi yang mengaspal di Tiongkok. 

AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment