Bisnis Penyewaan Sepeda di Jakarta | Koran Jakarta
Koran Jakarta | August 13 2020
No Comments
Usaha Penyewaan Sepeda

Bisnis Penyewaan Sepeda di Jakarta

Bisnis Penyewaan Sepeda di Jakarta

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pengusaha rental sepeda tidak hanya tumbuh di daerah wisata di daerah. Tapi di Jakarta, tepatnya di Jakarta Utara ada seorang pengusaha yang menjalankan usaha penjualan dan rental sepeda. Ia menyasar target pasar dari berbagai perusahaan besar sebagai klien yang sering mengadakan acara funbike bagi karyawannya.

Usaha rental ini  mempunyai 400 unit sepeda. Namun seringkali kewalahan memenuhi pesanan dari perusahaan besar yang menyewa sepeda sampai 800 buah untuk kegiatan funbike. Oleh sebab itu, usaha rental ini tengah mempersiapkan armada sepeda tambahan sebanyak 300 buah. Keuntungan yang besar dari usaha rental sepeda membuat si pemilik usaha tetap menggeluti bisnis ini disamping usaha jualan sepeda

Promosi
Cara melakukan promosi bisnis penyewaan sepeda selain melakukan hubungan intens dengan komunitas sepeda, travel agent dan kantor-kantor, juga bisa dilakukan dengan  teknik dari mulut ke mulut. Membagikan brosur ke tempat-tempat komunitas, lokasi wisata, berbagai perusahaan besar dan kecil serta daerah perumahan sekitar yang padat penduduk.

Selain itu, bisa melakukan promosi usaha rental sepeda di internet secara gratis maupun berbayar menggunakan sosmed Instagram,  Facebook, Twitter, blog, google plus, Whatsapp, blog gratisan dan lainnya.

Ikut dalam kegiatan sosial, seperti kunjungan ke daerah pandemic yang dilakukan dengan sepeda, cobalah untuk menyiapkan sejumlah sepeda yang dibutuhkan oleh panitia secara gratis. Kegiatan tersebut tentunya akan di bagikan di berbagai media sosial, dan sepeda yang dipinjamkan juga ikut diviralkan.

Tawarkan  sistem komisi menarik atau bagi hasil. Biasanya pihak penyelenggara acara, travel agent atau event organizer memiliki opsi ini. Untuk yang memulai bisnis rental sepeda secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah pembuatan  website (situs) yang bagus, mudah untuk di akses dan namanya gampang diingat oleh konsumen. Kemudahan untuk internet karena calon penyewa harus mengunduh dulu aplikasinya. Kemudia mengisi data diri dan lakukan verifikasi. Selama perjalanan akan terpantau melalui GPS.

Modal Usaha
Permasalahan modal merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha rental sepeda. Jumlah besarnya modal usaha yang dibutuhkan dalam bisnis rental sepeda tergantung besarnya skala usaha yang hendak dijalankan. Seseorang  bisa membuka usaha penyewaan sepeda skala besar atau kecil.

Kalau datang sebagai pemula dalam bisnis ini, sebaiknya  membuka usaha sewa sepeda dengan skala kecil. Jika usaha berkembang dengan sendirinya bisnis sewa sepeda akan menjadi skala besar.

Pengadaan Sepeda
Modal pertama yang harus disediakan dalam membuka usaha penyewaan sepeda adalah pengadaan sepeda itu sendiri. Sebaiknya  membeli sepeda sebanyak 20 unit secara tunai  atau kredit. Sepeda yang dibeli sebagian bisa sepeda baru, ini untuk kenyamanan penyewa. Lalu bisa ditambah dengan sepeda bekas yang tentunya sudah dalam kondisi baik.

Untuk tahap awal, cobalah membeli sepeda bekas dengan kondisi layak pakai seharga 700 ribu rupiah  perbuah. Jadi modal usaha yang mesti dikeluarkan untuk membeli 20 unit sepeda bekas sekitar 14 juta rupiah. Kalau membeli sepeda baru cari yang harganya sekitar 1 juta rupiah lebih.

Gudang dan Peralatan
Lalu untuk peralatan dan perlengkapan usaha yang meliputi sewa lokasi usaha, meja, kursi, pompa ban, alat bengkel  sepeda, dan tambahan lain sekitar Rp 7 juta. Usaha penyewaan sepeda ini tentunya membutuhkan tempat untuk menyimpan sepeda atau semacam gudang.

Bila ada teman yang memiliki tempat, bisa dilakukan kerjasama bagi hasil atau sewa tempat. Kalau sewa tempat cari yang biaya sewanya antara 1,5 juta rupiah sampai 2 juta rupiah per bulan.
Untuk gaji karyawan bisa diterapkan sistem komisi atau gaji tetap dikisaran 1 juta rupiah per bulan, tentunya akan ada tambahan bonus bila ramai penyewanya.

Gambaran Penghasilan
Berapakah besar penghasilan  bisnis penyewaan sepeda itu.  Berdasarkan pengalaman yang disampaikan oleh pengusaha rental di Jakarta Utara  tersebut, dalam sebulan ia mampu mengantongi penghasilan dari usaha  sewa sepeda hingga 5 juta rupiah.

Pendapatan tersebut bertambah besar jika tiba masa liburan anak-anak sekolah,  seperti hari Minggu dan hari besar lainnya. Jadi keuntungan dari bisnis rental sepeda tergantung banyaknya sepeda yang disewakan. Semakin banyak sepeda yang disewa maka semakin besar penghasilannya.
Umpama dalam satu hari ada 50 penyewa dan dengan harga sewa sepeda sekitar 50 ribu rupiah  perjam maka penghasilan yang bisa diraih dari bisnis penyewaan sepeda sekitar 2,5 juta rupiah  perhari.

Hasil besar yang dirasakan oleh sebuah  usaha penyewaan sepeda di Solo yang ketika itu disewa oleh sebuah perusahaan, pengusaha sewa tersebut mendapat  keuntungan kotor sekitar 100 juta rupiah  perbulan. Setelah dipotong biaya perawatan dan perbaikan sepeda dan gaji karyawan dan lain-lain, untung bersih sekitar 75 juta rupiah perbulan.

Lewat Online
Penyewaan sepeda secara online ternyata paling banyak diminati. Bila situs atau web rental sepeda sudah dibuat, maka ada beberapa hal yang harus juga disiapkan. Ini untuk menghindari dari penyewa yang nakal.

Di bagian sepeda disiapkan kunci yang bisa terintegrasi dengan shelter. Disana ada alat yang bisa mengunci sepeda dengan aman. Untuk menggunakan sepeda tinggal sentuh alat tersebut dan akan muncul tulisan “Siap Scan QR”, lalu lakukan pemindaian dan sepeda bisa digunakan lagi. Setiap penyewaan sepeda durasinya selama lima jam atau seharian penuh.

Dalam aplikasi dibuat tanda yang nantinya digunakan oleh penyewa ketika sepeda mengalami kerusakan saat digunakan, ada tiga pilihan kondisi, “Saya merasa terancam”, “Sepeda tidak bisa dikunci”, “Sepeda tiba-tiba rusak/tidak berfungsi”, tiga tanda itu yang bisa segera digunakan oleh penyewa. Semua itu bisa diisi penyewa sepeda online untuk memberitahu operatornya. Ars

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment