Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Berpikir Seperti Orang Sukses: Awal Kegemilangan

Berpikir Seperti Orang Sukses: Awal Kegemilangan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Get Smart! Berpikir dan Bertindak Seperti Orang Paling Sukses dan Bergaji Paling Tinggi

Penulis : Brian Tracy

Penerbit : Elex Media Komputindo

Cetakan : Pertama, Mei 2018

Tebal : 256 halaman

ISBN : 9786020455150

Menjadi sukses adalah keinginan banyak orang. Namun, mengapa ada orang yang sukses dan yang tidak. Dalam hal kemampuan, sering kali tidak ada yang benar-benar berbeda antara satu pengusaha dan pengusaha lainnya, karena setiap orang dapat melakukan apa pun yang dia inginkan.

Rahasia kesuksesan orang yang termasuk dalam kategori orang-orang sukses adalah pola pikirnya. Pola pikir orang sukses ini yang membuat kehidupan orang-orang sukses bertambah sukses juga.

Setiap orang memiliki impian untuk sukses, ada banyak orang yang berlomba untuk mendapatkan kesuksesan yang sesungguhnya. Jika ingin sukses, kita harus memiliki cara berpikir orang-orang sukses. Kuasai terlebih dahulu cara berpikirnya, maka kesuksesan akan menjadi kenyataan. Tahukah Anda orang-orang yang sudah sukses tetapi kembali menjadi miskin. Mereka sudah memiliki kekayaan tetapi belum memiliki pola pikir yang benar mengenai menjadi seorang yang sukses. Pada dasarnya modal kekayaan dan kesuksesan yang utama bukanlah terletak pada materi, melainkan pada cara berpikir

Buku ini menjelaskan tentang bagaimana berpikir dan bertindak seperti orang-orang sukses akan mengubah kehidupan kita menuju yang lebih baik. Penulis buku, Brian Tracy, menjelaskan bahwa penemuan terhebat yang pernah ia temui adalah bahwa orang dapat mengubah berbagai aspek luar dari kehidupan mereka dengan mengubah cara berpikir mereka yang tersebunyi (hlm 58).

Menurut salah satu hasil penelitiannya, pikiran kita luar biasa menakjubkan karena terdiri dari seratus miliar sel otak, masing-masing dihubungkan oleh ganglia dan sel saraf ke sebanyak dua puluh ribu sel lainnya. Oleh karena itu, total jumlah ide yang dapat dihasilkan setara dengan daya seratus miliar dari setiap dua puluh ribuan (hlm 154). Orangorang yang telah berhasil dan sukses dalam kehidupan selalu memproduksi ide-ide jauh lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh orang-orang biasa. Maka dari itu, kita perlu mengikuti pola pikirnya untuk meraih kesuksesan juga.

Buku ini menjelaskan beberapa langkah praktis untuk menguasai cara berpikir orang sukses dan kaya, di antaranya melakukan sesuatu yang berbeda dengan mengubah kebiasaan Anda. Pelajari dan praktikkan kebiasaan orang sukses (hlm 205). Apabila Anda ingin sukses di dunia properti, mulai sekarang ajaklah keluarga Anda untuk berjalan-jalan pada hari Sabtu dan Minggu untuk berburu properti, keluar masuk rumah yang dijual, keluar masuk kantor broker properti dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengetahuan Anda tentang dunia properti akan semakin bertambah.

Di antara kebiasaan dan pola pikir orang-orang sukses adalah tidak menganggap sebuah kegagalan sebagai akhir kehidupan, mampu menerima siapa diri dan apa kemampuan mereka, selalu memiliki tujuan dan bekerja agar tujuannya tersebut tercapai, tahu bahwa hidup adalah belajar tanpa henti serta kebiasaan dan pola pikir orang sukses lainnya.

Cara berpikir di atas ini dijelaskan dengan terperinci dan rigid disertai dengan contoh-contoh dan kisah perjuangan para peraih kesuksesan di penjuru dunia. Dengan membacanya, kita seakan belajar langsung kepada para peraih kesuksesan tersebut. 

Diresensi oleh Nadiya Madaniya, Pustakawan Maulana Malik Ibrahim Malang

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment