Bergaji Rp5 Juta ke Bawah, Akan Dibantu Rp2,4 Juta | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments

Bergaji Rp5 Juta ke Bawah, Akan Dibantu Rp2,4 Juta

Bergaji Rp5 Juta ke Bawah, Akan Dibantu Rp2,4 Juta
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu, mengatakan pemerintah akan memberikan insentif kepada  pekerja bergaji  di bawah 5 juta rupiah  berupa cash transfer sebesar 2,4 juta rupiah.

“Pemberian insentif atau cash transfer ke pekerja yang penghasilannya Rp5 juta per bulan. Besarannya itu akan bergerak sekitar Rp2,4 juta per orang,” katanya dalam diskusi daring di Jakarta, Kamis (6/8).

Di sisi lain, Febrio menuturkan pemberian insentif tersebut  masih dalam tahap finalisasi terkait mekanisme pembayaran. Pilihannya  langsung diberikan dalam satu waktu atau bertahap.

“Pemerintah masih membahas penyerahannya: langsung atau bertahap,” katanya.  Ia memastikan  akan berkomunikasi secara intens dengan  Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional, sehingga dapat ditentukan skema dan mekanismenya.

Menurutnya, ketepatan dan kecepatan dalam penyaluran insentif merupakan  sangat. Pemerintah harus mengumpulkan data  calon penerimanya. “Ini yang sedang kita pikirkan bagaimana caranya agar efisien karena memang kita tidak punya data. Datanya harus lengkap dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Febrio juga menegaskan, penyaluran insentif pemerintah kepada pekerja dengan upah di bawah 5 juta ini akan dilaksanakan dengan tata kelola yang baik. “Ini kerja keras birokrat dengan harapan agar uang bisa sampai secara tepat,” tegasnya.

Sebelumnya, Rabu (5/8), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan penerima insentif ini akan mencapai 13 juta pekerja dengan anggaran  31 triliun rupiah. Ant/G-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment