Koran Jakarta | December 11 2018
No Comments

Beragam Pilihan SUV Baru

Beragam Pilihan SUV Baru

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kondisi jalan yang kurang mulus menjadikan konsumen memilih mobil SUV (sport utility vehicle/mobil sport multifungsi) sebagai pilihan. Kini, pabrikan kian agresif menawarkan beragam SUV.

Penghuni segmen sport utility vehicle (SUV) semakin sesak saja. Jika sebelumnya terdapat Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, Hyundai Sante Fe, dan Kia Sorento, , Isuzu Mu-X, dan Chevrolet Trailblazer, kini hadir Nissan Terra membuat segmen ini semakin ramai.

NissanTerra merupakan model baru untuk segmen SUV, untuk mengukir kembali kesuksesan Nissan Terrano, meski Terra bukan kelanjutan dari Terrano. “Tujuan kami menghadirkan Terra untuk mendefinisikan kembali apa arti Nissan bagi pelanggan kami,” ujar Presiden Direktur NMI Eiichi Koito.

Lebih jauh Eiichi menerangkan, Nissan menggunakan strategi komprehensif untuk mempertahankan komitmen bagi pasar Indonesia dan mengubah pengalaman kepemilikan konsumen secara menyeluruh melalui rangkaian produk dan teknologi inovatif serta layanan lebih baik. Mobil yang pada Mei 2018 telah meluncur di pasar Filipina ini menawarkan harga yang lebih miring dibandingkan pesaing.

Jika Toyota Fortuner paling murah dijual pada harga 471,850 juta (on the road DKI Jakarta) dan Pajero Sport dijual dari 464 juta, Terra hanya dijual 460 juta rupiah saja. Di Indonesia Terra ditawarkan dalam empat varian yaitu 2.5 MT, lalu varian 2.5 E AT, varian 2.5 4×2 VL AT, dan yang termahal adalah varian 2.5 4×4 VL AT. Untuk varian terendah, pihak Nissan membekali mobil ini dengan fitur standar seperti ABS, EBD, BA, HSA, VDC, dan 6 buah kantung udara. Sebagai penantang, Terra memiliki dimensi panjang 4885 mm, lebar 1865mm, tinggi 1835 mm.

Dirancang untuk menjejah medan offroad yang terjal dan belubang, SUV yang diproduksi di Thailand ini memiliki ground clearance setinggi 225 mm, untuk mengurangi resiko kerusakan pada jalanan berbatu, bergelombang, maupun saat melewati banjir.

Dimensi Terra mampu menciptakan kapasitas bagasinya yang lega, walaupun bibir bagasinya juga cukup tinggi. Dengan bagasi besar SUV ini tentu berguna untuk membawa bermacam perlengkapan saat melakukan perjalanan jauh di luar kota. Jika masih kurang kursi baris kedua dapat dilipat, dengan demikian cocok untuk mendukung perjalanan luar kota dan petualanganoff-road. Mesin Terra sama dengan yang dipasarkan di Filipina yaitu mesin diesel, mesin berkode YD25DDTi turbodiesel 2,5 liter ini. Tenaganya cukup besar atau mencapai 191 PS, dengan daya puntir puncak sebesar 450 Nm.

Tenaga selanjutnya dikirim ke roda belakang atau semua roda tergantung pilihan, karena Nissan membekali dengan transmisi 4WD. “Kendaraan SUV menjadi salah satu segmen favorit pelanggan Indonesia. Harapannya bisa memenuhi keinginan mereka untuk menaklukkan berbagai kondisi medan,” ujar Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania Yutaka Sanada.

Yutakan, menuturkan, meski sanggup dipakai di medan berat dengan pilihan penggerak semua roda, namun Nissan Terra dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kendaraan ini pula, pengguna bisa melepas penat sejenak dan melakukan petualangan seru bersamanya. “Intelligent Mobility” Salah satu keunggulan Terra terhadap para pesaing selain harga yang lebih miring adalah adanya fitur Nissan Intelligent Mobility.

Dengan fitur ini pengendara dapat melihat keadaan di belakang mobil dari layar monitor LCD yang terpasang. Selanjutnya, terdapat fitur Intelligent Around View Monitor dengan teknologi moving object detection. Fitur ini berfungsu untuk memudahkan saat pengemudi memarkir kendaraan.

Fitur sejenis lainnya adalah peringatan titik buta (Blind Spot Warning), fitur peringatan pindah jalur (Lane Departure Warning). Khusus penggerak semua roda tersedia fitur 4WD More Switch. Fitur ini memudahkan pengemudi memilih pilihan penggera sesuai dengan kondisi medan yang dilalui, seperti jalan basah berlumpur, tanjakan berbatu, dan lainnya.

Untuk mendukung teknologi keselamatan, kendaraan ini dilengkapi dengan peningkatan kontrol, berupa 4WD-DIFF lock system dan Hill Start Assist. Hill Descent Control berguna dalam membantu mengendalikan kecepatan saat berkendara di kondisi jalan menurun. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment