Bendungan-bendungan Dekat Sydney Meluap | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments
LINTAS NEGARA

Bendungan-bendungan Dekat Sydney Meluap

Bendungan-bendungan Dekat Sydney Meluap

Foto : AFP/Saeed KHAN
Sungai Meluap l Seorang warga menyaksikan Sungai Georges yang ada di Sydney, Australia, tengah meluap pada awal pekan lalu. Curah hujan tinggi di Negara Bagian Queensland dan New South Wales menyebabkan sejumlah bendungan dekat Kota Sydney meluap dan berpotensi menyebabkan banjir bandang di wilayah Australia timur.
A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY – Sejumlah bendungan dekat Sydney, Australia, pada Kamis (13/2) meluap setelah selama beberapa hari datang topan yang membawa turun hujan deras. Jika kon­disi topan tak segera mereda, maka akan berpotensi terjadi banjir bandang di wilayah Australia timur.

“Air di Bendungan Nepean di selatan Sydney sudah me­lebihi kapasitas dan meluap,” demikian keterangan juru bi­cara dari Dinas Pengairan di Negara Bagian New South Wales (WaterNSW). “Dua bendungan lain yaitu Tallowa dan Brogo di New South Wales, juga telah meluap dan akan banyak lagi bendungan-bendungan akan melebihi kapasitas tampung airnya dalam beberapa hari mendatang,” imbuh dinas itu.

Menurut seorang meteorolog senior bernama Grace Leg­ge, sejumlah topan akan menghampiri Negara Bagian Queen­sland dan New South Wales dalam beberapa hari mendatang. “Topan yang disertai hujan lebat akan segera terjadi, jadi me­mang ada risiko bakal terjadinya banjir bandang,” kata Legge.

Atas peringatan itu, Dinas Penanganan Darurat Bencana Australia telah mengeluarkan peringatan bahaya terhadap sejumlah warga yang diperkirakan wilayahnya akan dilanda banjir bandang dalam waktu dekat.  SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment